Sudut Payakumbuh

Creative Independent Media

Air Terjun Sarasah Barasok
Sudut Wisata

Air Terjun Sarasah Barasok | Air Terjun di Atas Kuburan Candi

SudutPayakumbuh.com – Kabupaten Limapuluh Kota menyimpan potensi wisata alam yang menakjubkan. Tapi belum semuanya tergali dengan maksimal. Salah satunya, Air Terjun Sarasah Barasok yang terletak di Jorong Banja Loweh Gadang, Nagari Banja Loweh, Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota.

Air Terjun Sarasah Barasok menyimpan keindahan alam yang mempesona. Namun, untuk mencapai lokasi objek wisata ini tidaklah mudah. Jalanan menurun dan menanjak akan Anda temui saat menempuh perjalanan menuju Air Sarasah Barasok ini.

Lokasi ini ditempuh selama lebih kurang 2-3 jam dengan berjalan kaki yang dimulai dari titik terakhir kendaraan bermotor yang terletak beberapa meter setelah Kantor Wali Nagari Banja Loweh.

Setelah itu, perjalanan menuju Air Terjun Sarasah Barasok dilanjutkan dengan berjalan kaki. Disini kesiapan fisik Anda ditantang, karena medan yang dilewati cukup berat.

Namun bagi Anda pencinta wisata tracking perjalanan ke Air Terjun Sarasah Barsok tersebut bisa menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Sepanjang perjalanan, kita disuguhi dengan pemandangan alam yang seakan memanjakan mata ketika memandangnya.

Sebelum kita melihat keindahan Air Terjun Sarasah Barasok, Anda akan melewati sebuah gerbang di taman yang dihiasi dengan jalinan dedaunan rapi yang tertata seperti sebuah gerbang.

Setelah melewati gerbang, hembusan angin dihiasi seperti asap langsung menerpa wajah kita. Ya, asap itulah buih-buih air terjun yang beterbangan dan membentuk seperti asap yang diterpa angin.

Derasnya air terjun yang diperkirakan tingginya lebih dari 50 meter membuat rasa lelah hilang seketika merasakan hembusan angin dan menikmati keindahan Air Terjun Sarasah Barasok.

Di lokasi ini, Anda pun dapat mengabadikan momen yang sangat berharga dengan berfoto ria. Derai keringat yang menetas dengan hembusan napas yang lelah dibayar dengan indahnya suasana Air Terjun Sarasah Barasok.

Tidak hanya itu, konon aliran air dari Air Terjun Sarasah Barasok tembus melewati bawah bukit tempat jatuhnya hingga ke nagari tetangga yaitu Banja Laweh. Konon kabarnya juga di bawah aliran Air Terjun Sarasah Barasok terdapat sebuah candi peninggalan kerajaan nenek moyang terdahulu.

Candi yang diperkirakan berumur ribuan tahun tersebut terkubur bersama dengan aliran air dan pasir yang dibawa oleh aliran air. Anda penasaran? Tak ada salahnya Anda mencoba berpetualang bersama rekan dan teman Anda untuk menemukan objek wisata ini. Dijamin, Anda tak akan menyesal. (*)

1 COMMENTS

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Media Informasi Kota Payakumbuh, Sumatra Barat "Creative Independent Social Media"