Sudut Payakumbuh

Creative Independent Media

http://www.sudutpayakumbuh.com/
Kisah

Arnisa, Cintai Atletik Ingin Jadi Polwan

SudutPayakumbuh.com – Berawal dari arahan sang guru olahraga, Arnisa yang lahir di Payakumbuh, 23 Februari 2001 ini akhirnya jatuh cinta dengan salah satu cabang olahraga, atletik. Meskipun ada unsur keterpaksaan dulunya, kini dara 14 tahun ini tengah asyik berkegiatan di dunia atletik dan menorehkan prestasi demi prestasi.

Baru-baru ini, anak dari pasangan Ismail dan Mira Delvita ini berhasil menyabet dua gelar sekaligus. Dua gelar tersebut diraihnya dalam Olimpiade Olahraga Seni Nasional (O2SN) tingkat SMP yang berlangsung di Kota Padang beberapa waktu lalu.

Alhamdulillah kemarin waktu mengikuti O2SN di Padang bisa mendapat dua medali emas. Kedunya berasal dari cabang olahraga atletik yaitu nomor lempar lembing dan tolak peluru,” ujar Arnisa saat ditemui di Toko Denny Sport Payakumbuh, Jalan Veteran No 35B Bunian.

Ia bercerita, awal mengikuti kegiatan atletik saat dirinya masih berada di bangku Sekolah Dasar. Ia mengaku mengikuti seleksi O2SN tingkat SD tersebut hanya karena disuruh oleh guru dan tidak pernah menyangka akan meraih prestasi dalam lomba tersebut.

Setelah mengikuti seleksi, ternyata dirinya dinyatakan lolos dan bisa mengikuti O2SN tingkat SD mewakili SD Negeri 04 Koto Tuo, Kabupaten Limapuluh Kota. Hal yang mengejutkan bagi dirinya adalah meraih juara dalam tiga nomor.

“Tidak pernah membayangkan bisa ikut atletik ini dan menjadi juara I lempar turbo, juara II lari formula, dan juara III lompat katak,” ujar Arnisa didampingi saudaranya Ardiyansyah.

Namun hal tersebut menjadi sebuah boomerang baginya, khususnya dalam hal pendidikan formal di sekolah yang membuatnya down. Nisa sapaan akrabnya, mengatakan dirinya pernah tinggal kelas saat berada di kelas V SD.

“Karena sering ijin mengikuti kejuaraan dan tidak masuk sekolah, saat kelas V SD pernah tinggal kelas,” katanya singkat.

Kondisi ini membuat orang tuanya sempat ingin melarangnya untuk mengikuti kegiatan atletik karena membuat sekolahnya berantakan. Namun hal tersebut urung dilakukannya mengingat anaknya yang masih kecil dan masih butuh perkembangan dalam bergaul dan mengembangkan kemampuannya dibidang nonakademik.

Usai menamatkan studinya di SD, Nisa mengungkapkan dirinya kembali mengikuti iven atletik yang kali ini membuatnya berkesempatan untuk melanjutkan studinya ke PPLP Sumbar. Hal ini diraihnya setelah berhasil menyabet dua medali emas saat mengikuti O2SN tingkat SMP di GOR.H. Agus Salim Padang beberapa waktu lalu.

“Karena berhasil meraih juara I lempar lembing dan tolak peluru nanti berkesempatan untuk mengikuti iven ke tingkat nasional yang dikabarkan berlangsung di Makassar. Kemudian kata pelatih, Pak Un, juga bisa melanjutkan studi ke PPLP agar bisa lebih fokus ke bidang atletik tanpa mengganggu sekolah formal,” ujar Arnisa yang bercita-cita menjadi polwan ini sambil memperlihatkan beberapa koleksi medali yang diraihnya.

Sebagai orangtua, Ismail dan Mira Delvita mengatakan akan mendukung apa pun yang dilakukan anaknya tersebut asalkan pendidikannya tidak terganggu. Mira Delvita mengaku bangga atas prestasi yang telah diraih oleh putrid keduanya tersebut.

“Bangga dan senang bisa melihat Nisa berhasil. Semoga apa yang dicita-citakannya dapat terwujud dan berguna untuk masa depannya kelak,” ujar Mira. (*)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Media Informasi Kota Payakumbuh, Sumatra Barat "Creative Independent Social Media"