Sudut Payakumbuh

Creative Independent Media

Ilma Novia dan Usni, Dua Guru SMAN 2 Payakumbuh Wakili Payakumbuh ke Tingkat Nasional
Berita

Ilma Novia dan Usni, Dua Guru SMAN 2 Payakumbuh Wakili Payakumbuh ke Tingkat Nasional

SudutPayakumbuh.com – Setelah menyabet gelar Sekolah Adiwiyata Mandiri Tingkat Nasional, SMAN 2 Payakumbuh kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Kali ini prestasi membanggakan tersebut diraih oleh dua orang guru sains Ilma Novia dan Usni.

Ilma Novia merupakan guru Matematika dan Usni adalah guru Kimia. Kedua merupakan salah seorang peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) Guru yang telah dimulai sejak 20 November hingga 25 November mendatang. OSN Guru tingkat nasional ini sendiri merupakan salah satu upaya dari Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah yang diketuai Anas M. Adam dalam meningkatkan mutu dan sumber daya manusia pendidikan Indonesia agar mampu bersaing dalam era global.

Lewat surat yang dikirimkan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah ke Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar mengatakan OSN ini bertujuan untuk memotivasi guru dalam meningkatkan proses pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan mendorong siswa berpikir tingkat tinggi. Setelah melewati proses yang cukup panjang, dua orang guru SMAN 2 Payakumbuh ini berhasil mencatatkan namanya sebagai yang pertama di Kota Payakumbuh mengikuti OSN Guru.

Alhamdulillah, prestasi dari dua guru kita ini sangat membanggakan sekolah. Apalagi ini juga sejarah bagi Kota Payakumbuh karena sejak lima kali digelarnya OSN Guru ini, baru kali ini Payakumbuh menuju nasional. Kita semua warga Cafladoepa SMAN 2 Payakumbuh sangat bangga kepada Buk Ilma Novia dan Buk Husni,” ujar Kepala SMAN 2 Payakumbuh Irma Takarina beberapa waktu lalu.

Ia juga bersyukur atas prestasi yang telah diraih oleh kedua guru terbaik SMAN 2 Payakumbuh tersebut karena setelah telah membawa nama Kota Payakumbuh dan Sumbar khususnya SMAN 2 Payakumbuh ke tingkat nasional. Sehingga sebagai kepala sekolah, ia  berharap prestasi demi prestasi bisa diraih oleh warga Cafladoepa, sebutan SMAN 2 Payakumbuh yang berarti Campus Flamboyan SMAN 2 Payakumbuh.

“Ini merupakan sebuah pembuktian bahwa SMA N 2 Payakumbuh tidak hanya menghasilkan siswa-siswa yang bresprestasi tetapi juga mengupgrade guru kami untuk berprestasi. Bahkan beberapa waktu belakangan ini SMAN 2 Payakumbuh juga meraih prestasi di tingkat nasional. Untuk itu sebagai kepala sekolah, bersama majelis guru dan civitas akademika yang juga melibatkan alumni akan terus berusaha agar prestasi yang telah diraih ini dapat dipertahankan serta dapat meningkatkan prestasi,” kata Irma Takarina.

Dalam prosesnya, Ilma Novia dan Usni mengatakan tidak ada melakukan persiapan khusus. Tapi sebagai guru pembimbing olimpiade di sekolah, mereka selalu rajin memberikan bimbingan kepada siswa di sekolah dan juga aktif dalam mengikuti pembekalan yang dilakukan dosen atau nara sumber dari luar.

“Kami berdua sangat senang sekali bisa menjadi peserta Olimpiade Sains Nasional Guru Kimia yang lolos ke nasional mewakili Sumbar dibidang Matematika dan Kimia. Sebab se-Indoensia hanya ada 14 peserta guru se Indonesia per bidang studinya,” kata Ilma Novia yang lahir di Payakumbuh, 19 Februari 1982 dan Usni yang lahir di Batusangkar, 1 Januari 1973.

Ilma Novia dan Usni merupakan dua orang guru dari 10 guru terbaik di Sumbar yang akan menjadi perwakilan Sumbar ke tingkat nasional. Sebagai perwakilan Sumbar, mereka berharap dapat melakukan yang terbaik bagi Sumbar, khususnya Payakumbuh dan SMAN 2 Payakumbuh.

“Semoga dukungan yang diberikan guru-guru di SMAN 2 Payakumbuh, khususnya Buk Irma Takarina sebagai Kepala SMAN 2 Payakumbuh dan Dinas Pendidikan Kota serta Provinsi, kami juga bisa meraih prestasi di tingkat nasional nanti,” ujar Usni dan Ilma Novia

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Media Informasi Kota Payakumbuh, Sumatra Barat "Creative Independent Social Media"