Sudut Payakumbuh

Creative Independent Media

Payakumbuh - 50 Kota Warta

Ikuti BANEX 2016, Tenun Balaipanjang Diminati Pengunjung

SudutPayakumbuh.com – Jelang masuknya pengaruh Masyarakat Ekonomi Asean atau yang dikenal dengan MEA, UMKM Kota Payakumbuh semakin berbenah. Berbagai produk baik itu makanan maupun kerajinan mulai dikembangkan dan dipasarkan ke luar daerah hingga merambah pasar Asean.

Melalui UPTD Promosi Produk UMKM Kota Payakumbuh dibawah Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Payakumbuh serta Dekranasda Kota Payakumbuh, produk UMKM ini kini tengah dipamerkan dalam acara Batam Nasional Expo 2016 (BANEX 2016) di Nagoya Hill Batam. Kepala UPTD Promosi Niken Agriyena mengatakan dalam expo yang telah dimulai sejak Kamis (14/4/2016) lalu, Pondok Promosi Kota Payakumbuh dan Dekranasda akan mempromosikan produk UMKM Payakumbuh hingga Minggu (17/4/2016) mendatang.

Kepala UPTD Promosi Kota Payakumbuh foto bersama masyarakat dan desainer di Batam Expo National 2016
Kepala UPTD Promosi Kota Payakumbuh foto bersama masyarakat dan desainer di Batam Expo National 2016

“Salah satu tujuan kita mengikuti iven ini adalah mempromosikan produk UMKM Kota Payakumbuh untuk siap menghadapi MEA. Alhamdulillah salah satu produk baru kita yaitu Tenun Balaipanjang cukup diminati oleh masyarakat dan kalangan desainer di sini,” kata Niken didampingi David Arta Kusuma dan Mutiara Hidayati.

Ia mengatakan produk yang dibawa dalam expo ini juga bervariasi dan mewakili beberapa produk yang menjadi unggulan Kota Payakumbuh. Menurutnya 30 varian produk akanan, 9 UMKM pakaian atau fashion, dan Introducing New Produk Tenun Balaipanjang mampu bersaing dengan produk yang juga berasal dari Malaysia dan Singapura.

Pengunjung ramaikan stand pondok Promosi Kota Payakumbuh di Batam Expo National 2016
Pengunjung ramaikan stand pondok Promosi Kota Payakumbuh di Batam National Expo 2016

“Responnya sangat bagus terutama produk Tenun Balaipanjang yang berjumlah 20 lembar kain habis terjual dan hanya menyisakan satu lembar kain. Padahal ini baru Hari ketiga,” ujarnya.

Ia juga berharap produk UMKM Kota Payakumbuh lebih dikenal dan memiliki kemitraan yang luas dan pasarnya pun juga tidak terbatas. Sehingga strategi pemasaran berkembang lebih luas.

“Dengan ini masyarakat nantinya bisa memulai usaha baru sebagai pelaku UMKM di Payakumbuh dan secara tidak langsung juga dapat membuka Lapangan kerja baru bagi masyarakat,” kata Niken mengakhiri. (*)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published.

Media Informasi Kota Payakumbuh, Sumatra Barat "Creative Independent Social Media"