Sudut Payakumbuh

Creative Independent Media

Payakumbuh - 50 Kota

Kemenkes RI : Pasar Ibuah Masih Layak Sebagai Pasar Sehat Nasional

SudutPayakumbuh.com – Kementerian Kesehatan RI nilai Pasar Ibuah Payakumbuh masih layak menyandang predikat sebagai Pasar Sehat Nasional. Hal ini diungkapkan oleh Asisten II Setdako H. Amriul usai mendapat kunjungan tim monitoring dan evalusi Kemenkes RI yang dipimpin Kasubdit Deky Virandola, pejabat Dinkes Provinsi Sumatera Barat,

“Kedatangannya tak diketahui pejabat terkait di Payakumbuh. Mereka datang diam-diam, tanpa memberitahu, dan seluruh fakta dan data di lapangan atau di Pasar Ibuah, sudah direkam tim,” kata Asisten II Setdako.

Kemudian data audio visual di lapangan tersebut disampaikan kepada pemko, dalam rapat koordinasi dengan SKPD terkait di balaikota. Hasilnya pun menurut Amriul dari penilaian tim monitoring dan evaluasi Kemenkes RI terhadap Pasar Rakyat (bukan pasar tradisional lagi namanya, Red), masih dinilai sangat baik.

Amriul mengatakan kunjungan tim monitoring dan eveluasi Kemenkes ke Payakumbuh ini untuk membuat program lanjutan dalam pengembangan pasar rakyat ke depan. Sebab pembinaan pasar rakyat merupakan di antara program nawacita Presiden Joko Widodo, hingga 2019 mendatang.

“Menurut tim, Payakumbuh pantas menerima bantuan pusat dalam rangka pengembangan pasar rakyat itu tahun depan,” ujar Amriul mengutip pernyataan ketua tim Deky.

Secara terpisah, Kadiskes Payakumbuh Elzadaswarman membenarkan bahwa kunjungan tim monitoring Kemenkes RI ke Payakumbuh, memberi angin segar terhadap penambahan fasilitas di Pasar Ibuah. Salah satunya selain fasilitas lain berupa pembangunan infrastruktur, juga fasilitas sesuai keinginan pedagang untuk mendapatkan alat pendingin atau coldstorage untuk pendingin daging dan ikan serta alat pendeteksi bahan berbahaya yang dicampur dalam ikan kering,

Dalam rapat koordinasi yang melibatkan Diskoperindag, Dinas PU, Dinas Tanaman Pangan Kehutanan dan Pertanian, Kantor Ketahanan Pangan dan Dinas Peternakan dan Perikanan, Forum Kota Sehat, Pokja Pasar Ibuah dan perwakilan pedagang itu, tim juga menyampaikan kelemahan yang harus dibenahi di Pasar Ibuah. Di antaranya, toilet yang masih berbau, keramik toilet berwarna kuning serta sampah yang masih ada di dalam drainase, sehingga membuat air pembuangan mampet. (*)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published.

Media Informasi Kota Payakumbuh, Sumatra Barat "Creative Independent Social Media"