Sudut Payakumbuh

Creative Independent Media

Pesona Bukit Batu Manda menjadi wisata alam terpopuler di Kabupaten Limapuluh Kota
Sudut Wisata

Pesona Bukit Batu Manda di Kabupaten Limapuluh Kota

SudutPayakumbuh.com – Objek wisata alam sepertinya menjadi tren bagi masyarakat khususnya generasi muda. Mengunjungi air terjun, tempat tinggi dengan pemandangan alam, mendaki gunung, dan kegiatan alam lainnya menjadi hal yang tidak asing lagi dewasa ini.

Di Limapuluh Kota, salah satu tempat yang cukup hits belakangan ini adalah Bukit Batu Manda. Terletak di Jorong Belubus Kenagarian Sungai Talang Kecamatan Guguk Kabupaten Limapuluh Kota, Bukit Batu Manda seolah menjadi magnet bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen di sana.

Daerah Belubus atau Balubuih ini sendiri berada di sebelah Barat Kota Payakumbuh dengan jarak lebih kurang 12km dari pusat Kota. Untuk mencapai lokasi Bukit Batu Manda ini, dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil dengan jarak tempuh 15 sampai 20 menit dari pusat Kota Payakumbuh.

Fauziah Muchlis, (23), salah seorang pengunjung yang baru beberapa hari lalu ke Bukit Batu Manda mengatakan tempat tersebut merupakan salah satu tempat ‘anak hits’ Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Sehingga dirinya pun penasaran akan keberadaan Bukit Batu Manda dan mengajak teman-temannya untuk pergi ke sana dan menikmati keindahan alam dari puncak bukit tersebut.

“Setelah ditelusuri ternyata akses jalan kesini cukup bagus dan tidak terlalu menguras emosi dan tenaga serta menghasilkan banyak drama. Medannya pun terbilang tidak terlalu berat. Kita hanya perlu nanjak nanjak dengan kemiringan sekitar 60-80derajat,” ujar mahasiswa S2 Jurusan Akuntansi Universitas Indonesia ini.

Fauziah Muchlis, Traveler Payakumbuh mengabadikan momen dengan ber-selfie berlatarkan Bukit Batu Manda (Foto: Sudut Payakumbuh)
Fauziah Muchlis, Traveler Payakumbuh mengabadikan momen dengan ber-selfie berlatarkan Bukit Batu Manda (Foto: Sudut Payakumbuh)

Menurutnya rasa lelah yang dirasakan akan terbayarkan setelah berada di puncak bukit. Dari atas ia pun tidak dapat membayangkan bisa menyaksikan pemandangan indah dari atas ketinggian sambil menikmati suasana pagi dari Bukit Batu Manda ini.

“Cukup melelahkan juga memang, apalagi ditambah dengan matahari yang tak mau mengalah dan selalu menunjukkan taringnya. Namun, rasa lelah dan kepanasan tersebut akan dikalahkan oleh sensasi yang ditimbulkan oleh rasa kagum akan panorama yang indah dan rasa puas saat perjalanan menuju puncak itu diakhiri dengan helaan napas panjaang ketika kaki menapak di atas ketinggian 550mdpl. Pokoknya tidak dapat digantikan oleh apapun,” kata alumni S1 Akuntansi Universitas Riau itu mencoba menggambarkan perjalanannya tersebut.

Senada dengan itu, Koordinator PKH Kemensos RI Kota Payakumbuh Dira Zahara yang juga baru mengunjungi Bukit Batu Manda mengatakan Bukit Batu Manda bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan wistawan di Limapuluh Kota. Menurutnya tempat tempat tersebut cukup bagus yang menyuguhkan pemandangan indah.

“Tempat ini sangat cocok sekali untuk pengunjung yang menyukai alam dan seni fotografi. Banyak spot indah yang bisa menjadi objek bidikan kamera para fotografer,” ujar Dira.

Dira Zahara bersama Traveler Payakumbuh lainnya saat berada di bawah Bukit batu Manda, belubus, Kabupaten Limapuluh Kota. (Foto: Sudut Payakumbuh)
Dira Zahara bersama Traveler Payakumbuh lainnya saat berada di bawah Bukit batu Manda, belubus, Kabupaten Limapuluh Kota. (Foto: Sudut Payakumbuh)

Ia juga menyebutkan Bukit Batu Manda ini tergolong wisata murah tanpa harus mengeluarkan budget yang mahal. Cukup dengan membayarkan uang parkir sebesar Rp 5.000, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dari puncak Bukit Batu Manda ini.

Kepada klikpositif, Datuak Patiah, salah seorang masyarakat di Jorong Belubus ini mengatakan keberadaan Bukit Batu Manda ini sudah lama dan untuk objek wisata, di sekitar Belubus ini juga terdapat Batu Menhir dan Makam Sjech yang juga sering dikunjungi wisatawan. Namun untuk kunjungan ke Bukit Batu Manda, baru beberapa bulan ini mulai ramai dikunjungi terutama generasi muda yang berfoto di atas bukit tersebut.

“Kita dari masyarakat hanya menghimbau kepada pengunjung untuk dapat menjaga ketertiban, kenyamanan, dan kebersihan tempat tersebut. Jangan sampai melakukan perbuatan yang melanggar norma dan aturan berlaku baik itu dari segi hukum maupun sosial masyarakat,” ujar Datuak Patiah. (ads)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published.

Media Informasi Kota Payakumbuh, Sumatra Barat "Creative Independent Social Media"