Sudut Payakumbuh

Creative Independent Media

Pengibaran Bendera Raksasa di Tebing Lembah Harau
Payakumbuh - 50 Kota

Pengibaran Bendera Raksasa di Tebing Lembah Harau: Persembahan Kecil Untuk Negeri

SudutPayakumbuh.com – Jelang HUT RI ke-71, berbagai perayaan dilakukan oleh warga negara indonesia yang tersebar diberbagai wilayah Indonesia maupun luar negeri. Kegiatan berbau semangat kemerdekaan dan nasionalisme menjadi salah satu titik tumpu yang dilakukan jelang peringatan Hari Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus mendatang.

Di Payakumbuh dan Limapuluhkota sendiri, Komunitas Merah Putih Lembah Harau (KMP-LH) yang berkedudukan di Jorong Lubuak Limpato, Nagari Tarantang, Kabupaten Limapuluh Kota akan kembali melakukan pengibaran bendera raksasa di tebing Lembah Harau. Pengibaran bendera raksasa ini merupakan kali keempat dilakukan setelah sebelumnya dimulai pada tahun 2013 lalu.

Koordinatir kegiatan Fetro Yance mengatakan tahun ini KMP-LH yang dimotori oleh Komunitas Panjat Tebing, Vertical Rescue Payakumbuh, Keluarga Besar Pecinta Alam Luaklimopuluah, dan Federasi Panjat Tebing Indonesia serta masyarakat sekitar kembali akan mengibarkan bendera raksasa. Sebelumnya, bendera yang dikibarkan di tebing Lembah Harau adalah 30×22 meter dan tahun ini ukuran bendera lebih besar.

“Awalnya, pada pengibaran bendera pertama kita kibarkan 15×5 meter dengan ketinggian tebing 20 meter. Kemudian tahun berikutnya ukuran bendera lebih besar yaitu 30×22 meter dan dikibarkan dua tahun berturut-turut. Tahun ini dengan semangat kawan-kawan semua, nantinya kita akan mengibarkan bendera lebih besar lagi yaitu dengan ukuran 50×33 meter,” kata Fetro Yance didampingi Mardianis dan Rudi Hartono.

Pengibaran bendera ini menurutnya merupakan sebuah persembahan kecil untuk negeri dari Harau menuju dunia. Ia berharap, pengibaran bendera raksasa ini dapat terus dilakukan dan menjadi sebuah agenda rutin terutama untuk dinas pariwisata Kabupaten Limapuluh Kota.

Lembah Harau saat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak hanya dikenal di Sumbar dan Indonesia. Sehingga dengan adanya kegiatan tahunan seperti ini, ia bersama panitia lainnya berharap akan ada rangkaian kegiatan lain yang dapat menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang akan mengunjungi Kabupaten Limapuluh Kota yaitu menuju kawasan Lembah Harau.

“Salah satu tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan dan mengembangkan wisata minat khususus yang ada di Lembah Harau ini. Salah satu yang kita adakan yaitu menggelar Sekolah Panjat Tebing yang dimulai sejak tanggal 12-14 Agustus mendatang,” ujar Koordinator Kegiatan Pengibaran Bendera Raksasa di Lembah Harau ini.

Mardianis, salah seorang panitia kegiatan mengatakan pada Sabtu (13/8/2016) besok, akan dikibarkan bendera dengan ukuran 30×22 meter di salah satu bukit yang berada di Jalan Bypass Payakumbuh. Hal ini dilakukannya masih dalam rangkaian kegiatan pengibaran bendera raksasa pada 17 Agustus mendatang.

“Kita juga akan kibarkan bendera lama yang ukurannya 30×22 meter di salah satu bukit yang ada di Payakumbuh, tepatnya di Jalan Bypass. Bendera ini akan kita kibarkan hingga 17 Agustus mendatang,” kata Mardianis yang juga seorang relawan BPBD Kota Payakumbuh. (*)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published.