Sudut Payakumbuh

Creative Independent Media

Walikota Payakumbuh diwakili Kabid Koperasi Adriati, menandatangani naskah kerjasama dengn PT Telkom Indonesia di Istana Basa Pagaruyuang.
Payakumbuh - 50 Kota

PT. Telkom Bentuk Kampung UMKM Digital di Payakumbuh

SudutPayakumbuh.com – Kampung Rendang Payakumbuh (KRP) di Kelurahan Sungai Durian Lampasi, Kecamatan Latina,  dimanjakan PT Telkom Indonesia dengan jaringan internet. Para pelaku usaha rendang di KRP dan UMKM lainnya, ke depan tidak hanya dapat memasarkan produknya secara ofline, tapi dapat dilakukan secara online.

Kerjasama PT Telkom Indonesia dengan Pemko Payakumbuh dalam menjadikan KRP sebagai Kampung Rendang Digital sudah dilakukan  dalam acara di Istana Basa Pagaruyuang Batusangkar, Rabu (10/8) lalu. Naskah perjanjian kerjasama itu ditandatangani GM PT Telkom Sumbar Darmawi bersama Kadiskoperindag Payakumbuh diwakili Kabid Koperasi Adriati, SH.

Keterangan Kabid Koperasi Adriati, Minggu (14/8) kemarin, tidak hanya jaringan internet yang dibantu PT Telkom, tapi juga dua set komputer. Peralatan komputer itu, satu set ditempatkan pada salah satu UMKM rendang di Sungai Durian. Satu set lagi, ditempatkan di Pondok Promosi Industri di Medan nan Bapaneh Payakumbuh.

“Selain mempromosikan produk-produk milik UMKM itu secara online, pihak PT Telkom juga akan melakukan pelatihan kepada seluruh UMKM di Payakumbuh. Semoga para pelaku usaha di Payakumbuh dapat mengirim tenaga yang punya semangat belajar tinggi dalam dunia IT agar nantinya bisa memasarkan produk UMKM ini secara online,” katanya.

Menurut Adriati, kerjasama PT Telkom dengan Pemko Payakumbuh itu, bagian dari komitmen Diskoperindag dalam memajukan industri makanan dan kerajinan di Payakumbuh. Catatan di Kementerian Kominfo Payakunbuh, total transaksi UMKM secara online sudah di atas angka Rp1 T per tahun.

“Melihat hal tersebut, saatnya pelaku industri di kota ini dapat menangkap peluang ini,” ujarnya Adriati. (*)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published.