Sudut Payakumbuh

Creative Independent Media

DGR Payakumbuh-Limapuluh Foto Bersama di Jembatan Layang Kelok Sembilan (Foto: Kinyam Cafe)
Komunitas

DGR Payakumbuh-Limapuluh Berkendara Untuk Kemanusiaan

SudutPayakumbuh.com, Payakumbuh – Tepat pada tanggal 25 September lalu, puluhan riders dari Luaklimopuluah berkumpul dan berkendara untuk menyuarakan kesadaran masyarakat akan kanker prostat dan upaya penyembuhannya. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian dari bikers Luaklimopuluah yang juga serentak di ratusan kota di dunia.

Rahdian Adithia Rahmed, salah seorang penggagas Distinguished Gentlemans Ride (DGR) di Payakumbuh dan Limapuluh Kota mengatakan kegiatan ini pertama kali diadakan di Sydney, Australia pada tahun 2012 oleh Mark Hawwa. Menurutnya, berdasarkan keterangan di situs resmi DGR www. gentlemansride.com, ini terinspirasi karena ingin merubah citra bikers di tengah masyarakat yang selama ini negatif.

“Untuk itu, selain mendukung para penderita kanker prostat sebagaimana tujuan awal DGR, juga ingin mengajak pengendara Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota berkendara dengan safety serta ingin mengadakan kegiatan positif di kampung halaman seperti di kota-kota lain di Indonesia,” kata Rahdian yang akrab disapa Rian ini.

Puluhan Riders DGR Payakumbuh-Limapuluh saat berkendara di Jalan Ade Irma Suryani Payakumbuh. (Foto: Rovindo Maisya)
Puluhan Riders DGR Payakumbuh-Limapuluh saat berkendara melintasi Jalan Ade Irma Suryani Payakumbuh. (Foto: Rovindo Maisya)

Ia menyebutkan, DGR Payakumbuh dan Limapuluh Kota diawali dengan berkendara ke Jembatan Layang Kelok Sembilan, Kantor Bupati Limapuluh Kota, Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah, Jembatan Ratapan Ibu, dan kembali ke titik kumpul di Kinyam Cafe yang beralamat di Jalan Ade Irma Suryani No. 14 Simpang Benteng. Tercatat beberapa jenis motor yang mengikuti yaitu cafe racer, jap style, bobber, chopper, side cars, street cub, dan beberapa jenis motor classic custom.

“Kita berharap kegiatan ini nantinya juga dapat menyadarkan setiap komunitas motor agar berkendara dan mematuhi peraturan lalulintas. Kemudian tentunya juga menyadarkan kepedulian sosial masyarakat khususnya bikers Payakumbuh dan Limapuluh Kota,” ujar alumni Universitas Udayana Bali jurusan Destinasi Pariwisata tersebut.

Selain melakukan aksi sosial dan kepedulian kepada masyarakat dunia, dalam kegiatan DGR ini pengendara dapat menarik sponsor baik perorangan maupun perusahaan untuk mensponsori dirinya untuk melakukan konvoi tersebut. Sehingga nantinya dana yang terkumpul akan didonasikan untuk kepentingan riset global kesehatan pria, khususnya kanker prostat yang diidap kaum pria di dunia.

“DGR juga memprioritaskan perhatian terhadap masyarakat yang berada dinegara konflik peperangan dan bencana alam, untuk menyalurkan bantuan dan memberikan rehablitasi mental pasca perang maupun bencana,” katanya mengutip informasi di situs resmi DGR. (ADS)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published.

Media Informasi Kota Payakumbuh, Sumatra Barat "Creative Independent Social Media"