Sudut Payakumbuh

Creative Independent Media

Deklarasi Kampung Bebas Narkoba di Hari Bakti Karang Taruna dan Hari Kesejahteraan Sosial Sumbar di Ngalau Indah Payakumbuh
Warta

Kampung Bebas Narkoba Pertama di Indonesia Ada di Payakumbuh.

SudutPayakumbuh.com – Bertepatan dengan Hari Bakti Karang Taruna dan Hari Kesejahteraan Sosial Sumbar pada 23 Oktober lalu menjadi salah satu momen penting bagi Kota Payakumbuh. Pasalnya, salah satu kelurahan di Payakumbuh yaitu Kelurahan Balai Tongah Koto dinobatkan sebagai Kampung Bebas Narkoba yang dikelola Karang Taruna.

Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh Ade Vianora mengatakan Kelurahan Balai Tongah Koto ini merupakan gabungan dari tiga kelurahan yaitu Balai Gurun, Balai Cacang, dan Balai Jariang. Terpilihnya kelurahan tersebut dibarengi dengan prestasi yang diraih oleh Karang Taruna Mangkudu sebagai salah satu karang taruna berprestasi tingkat nasional.

“Menurut informasi yang diterima dari pusat, ini merupakan Kampung Bebas Narkoba pertama di Indonesia yang dikelola langsung pada tingkat kelurahan yaitu Satgas Taruna Anti Narkoba yang bekerjasama dengan BNN Kota Payakumbuh,” kata Ade Vianora.

Ia mengatakan kampung ini merupakan salah satu program dari karang taruna Mangkudu pada seksi Taruna Anti Narkoba. Salah satu tujuannya adalah mengimbau dan mengajak masyarakat serta pemudanya untuk terlepas dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

Hal ini dikatakannya juga mendapat dukungan dari BNN Kota Payakumbuh dan Pemko Payakumbuh mengingat Payakumbuh masuk dalam tiga besar bahaya penyalahgunaan terbesar di Sumbar, tepatnya posisi nomor dua setelah Padang.

“Menindaklanjuti deklarasi ini maka kita nantinya akan mengimbau kelurahan lain agar membentuk Kampung Bebas Narkoba. Dimana sebelumnya BNN Kota Payakumbuh bekerjasama dengan Pemko Payakumbuh juga telah membentuk 14 Kelurahan Satgas Taruna Anti Narkoba,” ujar Plt Kasi Pemberantasan BNN Kota Payakumbuh tersebut.

Ia berharap pada tahun 2017 nanti seluruh karang taruna di Kota Payakumbuh memiliki Satgas Taruna Anti Narkoba di tingkat kelurahan dan mendeklarasikan diri sebagai Kampung Bebas Narkoba. Meskipun belum bisa menjamin bahwa kampung tersebut bisa terbebas dari narkoba, ia meyakini dengan langkah tersebut menjadi awal bagi masyarakat di tingkat kelurahan untuk bergerak melakukan pencegahan dan pemberantasan narkoba di tengah masyarakat. (ADS)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published.

Media Informasi Kota Payakumbuh, Sumatra Barat "Creative Independent Social Media"