Creative Independent Social Media

dr. Melati Setia Ningsih
Artikel Beranda

Menghadapi Cuaca Ekstrem, Ini Tips dr. Melati Setia Ningsih Untuk Terhindar Dari Penyakit

SudutPayakumbuh.com – Cuaca ekstrem dan tidak menentu seperti saat siang panas terik lalu di sore hari turun hujan lebat membuat tubuh rentan terkena penyakit. Salah seorang dokter di Puskesmas Ibuh, dr. Melati Setia Ningsih mengatakan saat ini cukup rentan timbulnya berbagai penyakit.


dr. Melati Setia Ningsih

“Kami mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi potensi penyakit yang muncul saat cuaca ekstrem. Beberapa gejala penyakit yang sering timbul saat cuaca ekstrem di antaranya batuk, pilek, dehidrasi, demam, serta penyakit yang muncul akibat daya tahan tubuh menurun,” ujarnya diruang Poli Umum Puskesmas Ibuh.

Hal ini dikatakannya karena karena infeksi virus yang menyerang tubuh. dr. Melati yang akrab disapa Dokter Memel ini menyebutkan cuaca yang tidak menentu berdampak pada daya tahan tubuh. Pasalnya, tubuh harus beradaptasi dengan perbedaan suhu yang cukup signifikan.

“Oleh sebab itu, perlu upaya untuk mengantisipasi cuaca ekstrem ini agar tubuh tidak mudah terserang penyakit yaitu menjaga daya tahan tubuh dengan menjalani pola hidup sehat. Banyak hal yang dapat dilakukan salah satunya adalah menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang bergiz,” katanya.

Disamping itu, juga meningkatkan porsi asupan buah-buahan dan mengurangi makanan yang dapat merangsang munculnya batuk dan pilek. Misalnya menghindari makanan berminyak, pedas, es, dan lainnya.

“Mari istirahat cukup, banyak minum air putih, serta olahraga teratur setidaknya 2-3 kali seminggu, minimal selama 30 menit,” kata Dokter Memel.

Sumber: Facebook Puskesmas Ibuh

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Media Informasi Kota Payakumbuh, Sumatra Barat "Creative Independent Social Media"