Creative Independent Social Media

BNNK Payakumbuh
BNNK Payakumbuh
Berita

Coba Kelabui Petugas, Babinsa Koramil 02/Pangkalan Kodim 0306/50 Kota Amankan Pelintas di Perbatasan

SUDUTPAYAKUMBUH – Babinsa Koramil 02/Pangkalan Kodim 0306/50 Kota cegah dan amankan pelintas yang mencoba masuk wilayah Sumbar, Kamis 28 Mei 2020. Hal ini dilakukan Serka Yurnalis bersama anggota Polri Bripka Rio yang tengah patroli untuk mencegah adanya upaya masuk yang dilakukan warga dari luar Sumbar.

Serka Yurnalis mengatakan kejadian tersebut sudah kali kedua terjadi. Pihaknya berhasil mengamankan dan menggagalkan warga dari luar Sumbar tersebut yang mencoba melewati jalan alternatif dengan berjalan kaki.

“Modusnya adalah dengan melewati kebun warga untuk menghindari petugas jaga di perbatasan Sumbar Riau, tepatnya di wilayah Tanjung Balik, Kecamatan Pangkalan Kotobaru, Lima Puluh Kota,” katanya.

Ia menjelaskan Babinsa Koramil 02/Pangkalan sebelumnya telah melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat. Kemudian karena sebelumnya pernah terjadi kejadian yang sama maka petugas telah berjaga di siang hari untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Saat pelintas melewati jalur alternatif di kebun warga, oknum warga yang membantu kemudian membawa motor milik pelintas agar mengelabui petugas. Setelah itu tentunya oknum warga tersebut mendapat bayaran dari pelintas yang dibantunya,” ujarnya.

Serka Yurnalis juga mengimbau kepada masyarakat yang memaksakan diri untuk melintas segera kembali ke asal pemberangkatannya. Hal ini dikarenakan akan berakibat fatal karena tidak melewati pos pemeriksaan kesehatan di Perbatasan Sumbar Riau.

“Kami harapkan kepada warga agar dengan penuh kesadaran untuk mendukung aturan PSBB yang diintruksikan pemerintah. Serta meminta peran aktif linmas dan relawan untuk bersama-sama menegakkan aturan demi kenyaman bersama,” kata Babinsa Tanjung Balik ini.

Sementara itu, Bripka Rio selaku perwira jaga pada saat itu mengumpulkan warga tersebut dan menyampaikan arahan kepada orang tersebut tentang bahaya penularan virus COVID-19. Kemudian petugas menyuruh kembali orang-orang yang memaksakan diri untuk melintas ke wilayah Sumbar ke daerah asalnya.

“Semoga kedepan tidak ada lagi orang-orang yang diloloskan dan meloloskan diri lewat jalan alternatif perkebunan warga. Sebab bisa membahayakan warga setempat apalagi pada saat kondisi wabah COVID-19. Semoga juga musibah wabah ini cepat berakhir biar kita semua bebas beraktivitas kembali seperti biasa,” katanya.


LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Media Informasi Kota Payakumbuh, Sumatra Barat "Creative Independent Social Media"