Creative Independent Social Media

BNNK Payakumbuh
BNNK Payakumbuh
Artikel

Bergerak ke Arah Literasi Digital

Penulis : Yuren Sasiska Akmelia, M.Pd

Guru SMP IT Madani Islamic School Payakumbuh

Zaman sekarang masyarakat tidak lepas dari penggunaan teknologi. Perkembangan teknologi mempengaruhi disegala aspek kehidupan masyarakat. Dikarenakan penggunaan teknologi, interaksi dan kebiasaan masyarakatpun ikut berubah termasuk pada kegiatan literasi masyarakat.

Literasi adalah kegiatan mengolah informasi yang dapat digunakan untuk kecakapan hidup. Literasi tidak hanya kegiatan baca dan tulis saja, mendengar dan menonton juga merupakan bagian yang paling dasar dalam kegiatan literasi. Seiring perkembangan teknologi, kegiatan literasi masyarakat bergerak ke arah literasi digital.

Literasi digital merupakan kemampuan seseorang dalam mengolah, menganalisis dan memanfaatkan sumber informasi yang berkaitan dengan dunia digital. Dunia digital akan berkaitan dengan penggunaan teknologi.

Secara seksama bisa kita perhatikan penggunaan teknologi sudah menjadi hal biasa dikalangan masyarakat. Oleh karena itu, tanpa disadari apabila masyarakat mendengar, menonton, membaca dan menulis menggunakan teknologi sudah termasuk kedalam kegiatan literasi digital.

seseorang membaca dan menulis melalui gadget, menonton serta mendengar dengan laptop maka seseorang sedang melaksanakan kegiatan literasi digital. Informasi yang didapatkan dari kegiatan literasi digital dapat meningkatkan pengetahuan seseorang, baik dari segi kognitif maupun emosional karena informasi yang didapatkan akan mempengaruhi tingkat pengetahuan seseorang.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Media Informasi Kota Payakumbuh, Sumatra Barat "Creative Independent Social Media"