Sudut Payakumbuh

Creative Independent Media

Beranda

M. Febrian Jufril Dilantik Jadi Kepala BNNK Payakumbuh

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Payakumbuh M. Febrian Jufril yang baru dilantik pekan lalu mengatakan bahwa pihaknya akan fokus dan memaksimalkan upaya pencegahan dalam menekan angka penyalahgunaan narkoba.


“Pencegahan memang menjadi suatu hal yang sangat penting dalam menekan angka penyalahgunaan narkoba. Berbagai program sebelumnya memang telah berjalan,” kata Febrian di Payakumbuh, Kamis 26 Agustus 2021.
Ia mengatakan beberapa program dalam upaya pencegahan seperti lebih pemberdayaan desa atau kelurahan bersinar (bersih narkoba) dan ketahanan keluarga anti narkoba.
“Untuk kelurahan bersinar, saat ini di Kota Payakumbuh sudah ada 21 kelurahan bersinar. Ini akan terus kita maksimalkan,” ungkapnya.
Ketahanan keluarga memang dinilai penting karena keterlibatan keluarga merupakan dukungan moril yang dibutuhkan oleh setiap anak.
Menurutnya, kasus dalam keluarga yang terpapar penyalahgunaan narkoba terus meningkat yang dipicu oleh banyak hal salah satunya permasalahan keluarga seperti perceraian dan lainnya.
Komunikasi yang baik dan terbuka antara orang tua dengan anggota keluarga adalah faktor perlindungan yang paling handal dalam mencegah anggota keluarga terkena pengaruh buruk bahaya penyalahgunaan narkoba.
“Salah satu bentuknya adalah intervensi keterampilan hidup kepada keluarga anti narkoba yang dilaksanakan sesuai dengan dimensi dan indikator ketahanan keluarga anti narkoba,” sebutnya.
Hal ini, sambungnya, akan mendorong semua anggota keluarga untuk meningkatkan kualitas keterampilan seperti keterampilan pola pengasuhan orang tua dan keterampilan hidup anak terkait bahaya penyalahgunaan narkoba serta penerapan pola hidup sehat dan keluarga.
“Saat ini sudah ada 10 keluarga di kelurahan bersinar kita yakni di Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB) yang kita berikan intervensi ketahanan keluarga ini,” ujarnya.
Meski fokus kepada pencegahan, pihaknya tidak akan meninggalkan upaya lainnya yakni pengungkapan kasus peredaran gelap narkoba.
“Kita akan terus melakukan sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelar Narkotika (P4GN). Terus saya ingatkan bahwa pencegahan dan pemberantasan Narkotika menjadi tanggung jawab kita bersama,” katanya.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published.

Media Informasi Kota Payakumbuh, Sumatra Barat "Creative Independent Social Media"