Sudut Payakumbuh

Creative Independent Media

PERAIH JUARA III DAN I LOMBA TAHFIDZ TINGKAT KOTA PAYAKUMBUH
Berita

SD Raudhatul Jannah, Kuatkan Nilai Islam pada Anak

SudutPayakumbuh.com – Sekolah Dasar Islam Raudhatul Jannah (SDI-RJ) Payakumbuh semakin hari semakin melihatkan tajinya. Sekolah yang bervisikan “Terdepan dalam akhlak dan prestasi serta ramah lingkungan” ini benar-benar ingin melahirkan anak yang mempunyai karakter islam yang kuat. Terlihat dalam proses belajar mengajarnya. Setiap mata pelajaran diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam. Peserta didik melakukan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, guru menuntun serta menjelaskan terkait proses penciptaan alam melalui Al-qur’an, dan didasari ayat beserta hadits-hadits yang shahih.

Kepala SD Islam Raudhatul Jannah Erianto mengatakan SDI-RJ bertujuan untuk mengintegrasikan setiap mata pelajaran dengan ayat Al-qur’an ataupun syariat Islam agar peserta didik memahami semua ilmu pengetahuan berasal dari Islam. Cara seperti ini menurutnya sangat cocok dalam membentuk mental dan karakter anak yang bernilai islam. Ketika diwawancarai di kantor kepala Sekolah.

“Dalam pengembangan SDI-RJ mempunyai metode-metode yang variatif dalam meningkatkan kesadaran dan membentuk nilai Islam kepada anak peserta didik, dengan memakai sistem student center. Di mana pembelajaran pusatnya adalah peserta didik, karena potensi lahir anak berbeda-beda. Penyeragaman metodologi pendekatan anak sama saja dengan membunuh bibit-bibit potensial pada anak,” kata Erianto.

Kepala SDI-RJ Erianto saat manasik haji. (ist)
Kepala SDI-RJ Erianto saat manasik haji. (ist)

Ia menjelaskan bahwa belajar itu harus menggembirakan, menyenangkan, tidak membosanakan. Sehingga selaku guru di sekolah harus dapat menciptakan suasana yang nyaman. Khusus pada saat proses belajar mengajar, ia menambahkan dalam mengajar guru memakai metode-metode yang berbeda, seperti ada yang metode bermain, berdiskusi ataupun bernyanyi dengan riang sesuai dengan nilai-nilai Islam.

“Terkait dampak program pembelajaran yang dilakukan di sekolah sudah sangat terlihat dalam kehidupan sehari-hari peserta didik, orangtua peserta didik banyak memberikan informasi bahwasanya anak yang dahulu sholat tidak teratur sekarang sudah teratur, yang berbicara selalu nyeleneh sekarang sudah santun. Kami juga berharap hal-hal baik ini bisa menjadi pondasi kuat untuk seluruh peserta didik agar menjadi generasi islam yang baik dalam berkakhlak dan cerdas dalam berilmu,” ujarnya.

Untuk mendukung program SD Raudhatul Jannah, setiap akhir semesternya melakukan evaluasi ataupun upgrading kepada guru untuk dapat terus memaksimalkan perannya dalam mewujudkan peserta didik yang berkarakter Islam.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Media Informasi Kota Payakumbuh, Sumatra Barat "Creative Independent Social Media"