160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

10 Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Mengisi Waktu Luang Selama Berpuasa

10 kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan di bulan Ramadan
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

10 kegiatan bermanfaat ini dapat dilakukan saat mengisi bulan Ramadan, pasalnya saat menjalankan ibadah puasa, kita sebagai umat muslim tidak diperkenankan untuk pasif dalam berkegiatan.

Meski puasa semangat untuk produktif dan terus bergerak mengerjakan hal-hal yang positif dan bermanfaat sangat dianjurkan, apalagi di bulan ramadhan inilah kita bisa mencari kebaikan sebanyak-banyaknya, ‘Fastabiqul Khairat’ yang artinya ‘berlomba-lomba dalam kebaikan.

Untuk itu berikut ada 10 kegiatan yang bisa banget teman-teman dilakukan ketika sedang berpuasa di bulan ramadhan yang keberkahannya pasti melimpah ruah, diantaranya:
  1. Panitia MTQ di Masjid atau Mushala

Kegiatan positif yang satu ini pasti tidak pernah ketinggalan selama ramadhan, biasanya diadakan oleh remaja-remaja masjid sekitar. Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ini merupakan sebuah  festival keagamaan Islam Indonesia yang diadakan di tingkat nasional yang bertujuan untuk mengagungkan Al Quran. Pada festival ini, peserta berlomba mengaji Al-Qur’an dengan menggunakan Qira’at. Namun ada juga yang mengadakan ini di tingkat anak-anak dan lansia.

  1. Sahur On The Road

Sahur on the road menjadi ajang menebar kebaikan dengan membagikan makanan untuk sahur bagi mereka yang hidup di jalanan. Biasakan kegiatan ini banyak dilakukan oleh kalangan komunitas, organisasi, dan perkumpulan.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
  1. Tadarus

Di bulan yang penuh berkah ini kita dianjurkan untuk selalu melakukan tadarus, baik itu dilakukan sehabis salat tarawih di masjid atau di rumah masing-masing. Setidaknya dalam sehari kita harus mengaji, apalagi bagi yang memiliki target khatam di bulan ramadhan, pasti tadarus sudah menjadi kegiatan yang selalu dibiasakan.

Selain itu, membaca Alquran juga dapat menjadi penenang bagi pembaca dan pendengarnya. Sehingga kita bisa lebih relaks dan juga bisa menjadi salah satu kegiatan untuk mengistirahatkan diri dari kesibukan duniawi sementara.

  1. Membangunkan Sahur

Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh remaja-remaja masjid, saat sudah tiba waktu untuk sahur maka dengan segala kreatifitas mereka entah itu dengan cara bernyanyi, memukul  alat musik atau perkakas, mereka akan mulai membangunkan warga untuk segera sahur.

  1. Ngabuburit

Ritual menunggu waktu jelang berbuka puasa disebut ngabuburit telah menjadi sebuah kebiasaan masyarakat Indonesia. Umumnya, orang mengisi waktu senggang ini dengan ragam kegiatan. Contohnya berjalan-jalan keluar rumah sembari membeli camilan berbuka atau menunggu di masjid sembari berzikir. Tak ayal, tempat-tempat yang menjajakan makanan berbuka banyak diserbu orang sehingga jadi ajang wisata kuliner. Salah satunya ngabuburit ke Pasar Pabukoan Kota Payakumbuh atau Pasar Pabukoan yang ada di kelurahan/kecamatan setempat.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
  1. Bagi-Bagi Takjil

Kegiatan positif ini bisa ditemui di jalanan menjelang berbuka puasa, biasanya komunitas atau perkumpulan gitu melakukan aksi bagi-bagi takjil secara gratis. Diperuntukkan bagi masyarakat yang ditemui dijalanan. Entah sedang berhenti di lampu merah, berjalan kaki, bersepeda dan lainnya.

  1. I’tikaf di masjid

I’tikaf atau iktikaf di masjid pun termasuk kegiatan Ramadhan yang penuh manfaat dan kebaikan. Memperbanyak i`tikaf di 10 hari terakhir Ramadhan sangat dianjurkan, seperti riwayat Nabi Muhammad SAW yang tidak pernah meninggalkan i`tikaf di tanggal-tanggal tersebut. Pasalnya, malam Lailatul Qadar akan turun di malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir Ramadhan.

  1. Pesantren Kilat

Pesantren kilat biasanya rutin dilakukan sekolah mulai dari tingkat dasar hingga menengah. Bertujuan memberi ruang untuk anak-anak hingga remaja agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang tenang, menyenangkan, dan bermanfaat. Dengan mengikuti pesantren kilat akan membuat anak mampu menjalankan ibadah puasa dengan tepat, mendapatkan banyak ilmu agama dan karakter, hingga mengindarkan dari hal-hal kurang bermanfaat seperti bermain gadget atau menonton televisi.

  1. Safari ramadhan

Safari ramadhan ini umumnya dilakukan oleh Pemerintah maupun perusahaan dengan masyarakat. Tujuannya sebagai media sosialisasi program pembangunan yang akan dilaksanakan. Tak hanya itu, safari Ramadhan juga menjadi wadah menerima saran dan masukan dari masyarakat, serta mendengar isu permasalahan di tengah masyarakat untuk dicari jalan keluarnya.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
  1. Nonton Kajian Online

Salah satu kegiatan yang bisa menambah wawasan saat sedang mendengarkannya, menonton kajian dari ustad dan ustazah yang biasa diikuti juga bisa dijadikan kegiatan ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi