160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Pacu Kuda Payakumbuh Open Race 2023 Digelar Gratis

Pacu Kuda Payakumbuh Open Race 2023 Digelar Gratis
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Pacu Kuda Payakumbuh Open Race 2023 yang digelar besok pagi 5 Februari 2023 di Gelanggang Pacuan Kuda Kubu Gadang akan menggratiskan tiket masuk bagi masyarakat Payakumbuh yang ingin menonton pertandingan.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Pelaksana Pacu Kuda Payakumbuh Open Race, Dr Dasril yang mengatakan Pacu Kuda Payakumbuh Open Race 2023 ini adalah kalender perdana untuk pacuan kuda Pemprov Pordasi Sumatera Barat yang tiap tahunnya memiliki kalender dan untuk pertama di tahun ini dimulai dari kota Payakumbuh.

“Bedanya dari event-event sebelumnya, kalau dulu datang ke gelanggang untuk nonton pacu kuda membayar masuk, tahun ini kita gratiskan untuk masyarakat Payakumbuh. Semuanya apapun itu,” kata Ketua Pelaksana Pacu Kuda Payakumbuh Open Race saat ditemui sudutpayakumbuh.com di kediamannya pada Sabtu, 4 Februari 2023.

Dr Dasril menjelaskan pacuan kuda ini adalah pacuan yang digabung antara race tradisional dan race professional dengan jumlah kuda yang akan diturunkan sebanyak 81 ekor kuda yang terdiri dari 58 ekor kuda yang terbagi menjadi 11 race professional, kemudian sisanya ada 5 race, 1 race sagalo yakni kelas pemula, 4 race bugi yakni kuda yang pakai bendi terbuka. Total race keseluruhan ada 16 race yang berlangsung satu hari mulai pukul 08.00 WIB-16.00 WIB.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

“Kalau hadiahnya kita mengikuti standar Pordasi, hadiah paling kecilnya kita sediakan 4 juta satu race, paling tingginya itu 20 juta satu race. Total hadiah dalam 16 race ada 186 juta,” ujarnya.

Tak hanya itu, Dr Dasril juga menyebutkan untuk pedagang yang ingin berjualan pada Pacu Kuda Payakumbuh Open Race digratiskan masuk dengan syarat jika masih ada tempat bagi pedagang di atas tanggul atau posisi yang sudah disiapkan. Karena menurutnya di dalam area gelanggang tidak diperbolehkan ada yang berdagang.

“Jadi kalau telat pedagang masuk, mereka tidak bayar masuk tapi tidak boleh berada di lapangan atau di dalam karena menghalangi pandangan penonton. Kita kosongkan itu, dulu kan berbayar pedagang ini masuk sekarang gak ada, kalau pun ada itu oknum. Kita tidak bolehkan itu,” ujarnya.

Untuk segi pengamanan dan penertiban di Pacu Kuda Payakumbuh Open Race, Dr Dasril mengatakan akan menurunkan 200 personil keamanan, mulai dari Batalyon 100 personil, Kepolisian 40 personil, Satpol PP, Dishub, Denzipur dan Kodim yang bertujuan untuk mengamankan serta menertibkan lintasan, kedua menertibkan penonton dan pedagang, menertibkan kuda bisa masuk aman ke dalam.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Sedangkan dari segi medis nantinya akan diturunkan ambulance beserta dua tim medis dan paramedis serta di rumah sakit juga sudah berkoordinasi untuk siap melayani dengan cepat tanpa prosedur berbelit-belit  terkhusus untuk event Pacu Kuda Payakumbuh Open Race

“Itu yang kita harapkan dukungan dari keamanan dan medis, gak hanya itu, kita sangat berharap semoga Pacu Kuda Payakumbuh Open Race ini tetap berlangsung dengan aman, pedagang bisa jualan, peternak kuda bisa menjual kudanya, pacuan kuda ini meriah, jangan ada insiden, kita temanya zero accident,” katanya.

Salah satu cara menurut Ketua Pelaksana Pacu Kuda Payakumbuh Open RaceDr. Dasril dengan dukungan penonton salah satunya agar penonton benar-benar mencari tempat  aman dan tidak masuk ke lintasan. Seluruh anak-anak harus dalam pengawasan orang tua, cari tempat yang aman. Supaya pacuan kita aman nyaman dan meriah

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi