160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Bupati Lima Puluh Kota Lihat Kondisi Peton, Sapi Qurban Pilihan Presiden RI di Nagari Mungka

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo yang didampingi Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lima Puluh Kota mendatangi kediaman Endi di Jorong Mungka, Nagari Mungka Tangah, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Pemilik sapi qurban bernama Peton yang terpilih menjadi sapi qurban presiden RI yang akan disembelih di Masjid Raya Provinsi Sumatera Barat pada moment Hari Raya Idul Adha mendatang.

“Alhamdulillah saya Bupati Lima Puluh Kota sangat bersyukur karena dipilihnya sapi qurban dari Kabupaten Lima Puluh Kota untuk lebaran Idul Adha ini dan kami sangat bangga si pemilik sapi pun berterimakasih terimakasih karena presiden jokowi menjatuhkan pilihannya ke sapi yang dipeliharanya,” kata Safaruddin pada Rabu, 12 Juni 2024.

Untuk diketahui sapi qurban bernama Peton yang dipilih oleh Presiden RI Joko Widodo untuk disembelih di Masjid Raya Sumatera Barat Kota Padang dalam moment Lebaran Idul Adha 2024 milik Pasutri Endi dan Erini.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Peton sudah berumur 31 bulan dengan berat 1,052 Ton dan tinggi 1,5 m. Sehari-hari Endi, si pemilik sapi memberi makan Sapi kesayangannya itu berupa pelepah kelapa muda, ampas tahu, rumput dan sagu.

Nantinya Sapi bernama Peton tersebut dijual oleh Endi dengan harga puluhan juta dan akan diantar ke Padang pada Minggu, 16 Juni 2024.

“Itu yang saya dengar, dia merawat sapi ini mulai dari lahir dan makanan yang diberikan kepada sapinya ialah makanan tradisional. Dengan mangga atau pun pelepah kelapa, diolah sendiri dan makannya itu dicampur dengan ampas tahu,” ujarnya.

Bupati Lima Puluh Kota itu pun berpesan kepada peternak di Kabupaten Lima Puluh Kota menurutnya jika sekiranya memelihara ternak dengan serius dengan pemeliharaan dan perawatan yang serius, ekonomi akan berubah seperti yang dirasakan endi dan keluarganya.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

“Kepada peternak lain marilah kita sama-sama memanfaatkan lahan yang ada disekitar kita bertanam rumput atau memanfaatkan bahan-bahan peternakan untuk pakan ternak. Alhamdulillah kita juga ada kunjungan dokter hewan pada hari ini, sudah sehat diperiksan dan aman untuk dikonsumsi,” harapnya.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi