160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Bulan Puasa, Berikut 5 Pola Cara Menjaganya

Menjaga kesehatan saat bulan Ramadan sangat penting dilakukan
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa sangat penting dilakukan, apalagi berpuasa dengan durasi lebih dari 12 jam tentu membuat tubuh manusia tidak bisa terhidrasi dengan baik dan kebutuhan vitamin harian juga kurang terpenuhi karena menahan lapar dan dahaga.

Menjaga kesehatan dalam bulan Ramadan dapat dilakukan untuk meningkatkan ibadah selama bulan puasa dengan bangun tidur di pertengahan malam untuk santap sahur, membuat pola tidur tidak teratur dan menghindari begadang sambil menunggu sahur yang dapat menyebabkan kesehatan tubuh terganggu.

Untuk itu ada lima pola dalam menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan aktifitas di bulan ramadhan berdasarkan rangkuman dari situs resmi Kementerian Kesehatan, diantaranya:
  1. Menjaga Pola Makan Sahur yang Baik

Sahur memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa dan aktivitas ketika di siang hari. Untuk itu, perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur, serta hindari makanan yang tinggi minyak karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari.

  1. Menjaga Pola Makan Saat Berbuka

Saat sudah masuk waktu berbuka, jangan  langsung mengkonsumsi makanan yang banyak ketika akan berbuka puasa, nantinya menyebabkan perut menjadi sesak. Jadi  makan makanan secukupnya secara bertahap, dimulai dengan mengkonsumsi air putih dan sedikit makanan manis. Makan terlalu banyak pun akan membuat mengantuk dan muncul kemalasan untuk beraktifitas selanjutnya.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
  1. Menjaga Pola Makan Malam

Makan malam terlalu banyak saat malam hari akan menyebabkan seseorang mengalami obesitas, sehingga harus dihindari. Selain itu juga hindari konsumsi minuman kopi dan soda karena akan menyebabkan sulit tidur dan menimbun banyak lemak. Biasakan juga untuk selalu minum air putih dan perbanyak makan protein, serat, dan sayur.

  1. Menjaga Pola Aktivitas Fisik

Meskipun sedang berpuasa, dianjurkan sekali untuk melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit  tiap hari, meski durasinya kecil itu sudah membantu tubuh bergerak mengeluarkan keringat dan sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh meski sedang dalam berpuasa.

  1. Menjaga Pola Tidur

Jika harus melakukan persiapan untuk sahur dan bangun di pagi hari, maka hindari tidur terlalu malam untuk keperluan yang tidak terlalu penting. Tidak dianjurkan untuk begadang dan sebelum tidur usahakan minum air putih.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi