160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

UTD RSUD Adnan WD Payakumbuh Terima 200 Pendonor Darah Perbulan, Ini Jadwal

Unit Transfusi Darah atau UTD RSUD Adnan WD
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

 

Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Adnan WD Kota Payakumbuh terima paling banyak 200 orang pendonor dalam sebulan.

Golongan darah yang mendominasi adalah O, A, dan B sedangkan AB masih dikategorikan sedikit atau langka dan jarang adanya permintaan.

Salah satu pekerja di UTD Iqbal mengatakan terkait pasien yang membutuhkan darah tergantung permintaan dari rumah sakit karena pasien di RSUD Adnan WD ada yang berasal dari RSI Ibnu Sina, RSKIA Annisa, RSKIA Sukma Bunda.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

“Jumlah pendonor yang sedikit itu kira-kira 100-an, kalau misalnya ada keluarga yang permintaan langsung ke Polres, Batalyon, dan PMI Kota, informasi permintaan donor darah yang beredar lewat WA atau media sosia PMI Kota Payakumbuh. Soalnya di PMI ini masih yang relawan, butuh donor langsung aja suruh kesana untuk minta bantuan,” kata Iqbal saat ditemui sudutpayakumbuh.com di ruangan UTD pada Rabu 2 Agustus 2023.

Sementara itu, Iqbal juga menjelaskan jika ada pendonor yang saat pemeriksaan belum layak untuk mendonorkan darahnya itu disebabkan oleh hemoglobin (Hb) dan tekanan darahnya masih rendah sehingga harus menunggu hingga besok atau dua hari untuk kembali lagi ke Unit Transfusi Darah.

“Kalau untuk donor perdana, biasanya dari umur 17- 40 tahun dan harus datang pagi hari ke UTD karena harus dicek sama dokter. Nanti pada saat pengambilan darahnya harus pun dipantau sama dokter, takutnya terjadi pusing,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan jika pendonor tersebut bukan perdana atau sudah rutin melakukan donor darah tidak memerlukan pemeriksaan lagi dari dokter yang bertugas.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Menurutnya batasnya usia pendonor sampai 60 tahun dan jika ada pendonor perdana yang sudah lewat usia 40 tahun, sudah tidak bisa lagi melakukan donor.

Dikutip dari flayer informasi syarat-syarat menjadi pendonor darah di antaranya:
  1. Sehat jasmani dan rohani, tidak berprilaku resiko tinggi
  2. Umur antara 18- 40 tahun untuk donor pertama dan 18- 60 tahun untuk donor rutin
  3. Berat badan minimal 50 kilogram
  4. Denyut nadi teratur, yaitu sekitar 50- 100 kali/menit
  5. Tekanan darah sistolik antara 110-140 mmHg dan diastolic antara 70-100 mmHg
  6. Hb antara 12.5-17 gr%
  7. Tidak sedang hamil, menyusui, dan menstruasi
  8. Tidak puasa
  9. Interval donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya (maksimal 4 x dalam 1 tahun)
  10. Temperature tubuh normal, antara 36,6-37,0 derajat Celsius.

“Di Payakumbuh memang langsung datang ke UTD dengan pelayanan donor suka rela dan pengganti setiap hari. Kalau pagi dari 08.00 WIB hingga 12.00 WIB dan siang mulai pukul 14.00 WIB hingga 18.00 WIB serta malam hari pada pukul 19.00 WIB hingga 22.30 WIB, tapi kalau ada kasus gawat darurat pelayanan donornya bisa 24 jam,” kata Iqbal.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi