160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Gandeng Dinas Pendidikan, Disparpora Gelar Niniak Mamak Bundo Kanduang Masuk Sekolah

Niniak Mamak Bundo Kanduang Goes to School resmi diluncurkan
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

SudutPayakumbuh – Niniak Mamak Bundo Kanduang Masuk Sekolah resmi dilaksanakan usai Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh gelar acara peresmian pelaksanaan kegiatan di Aula Lantai III Gedung Balai Kota Payakumbuh pada Kamis, 6 Oktober 2022.

Kegiatan Niniak Mamak Bundo Kanduang Masuk Sekolah ini diawali dengan laporan dari Sekretaris Disparpora Delni Putra yang mengatakan kegiatan Ninik Mamak Bundo Kanduang masuk sekolah tahun ini akan dilaksanakan di tingkat SMP/MTS se-Kota Payakumbuh dengan menghadirkan lima narasumber dari Ninik Mamak dan Bundo Kanduang.

“Berkat kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh maka tahun ini baru bisa mengajar di 10 sekolah, inginnya 25 sekolah, mudah-mudahan tahun depan bisa seluruh sekolah sampai ke tingkat SD dapat melaksanakan Niniak Mamak Bundo Kanduang Masuk Sekolah ,” ujarnya.

Delni menjelaskan untuk peserta didik yang akan diberikan materi Niniak Mamak Bundo Kanduang Masuk Sekolah ini dimulai dari kelas VIII SMP/MTS dan masing-masing sekolah nantinya menghadirkan 40 siswa/siswi  termasuk guru bidang studi, pengurus osis dan pengurus kelas.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

“Semoga saja nanti anak-anak generasi penerus betul-betul paham dengan adat dan budaya alam minangkabau khususnya lagi adat budaya kenagarian kita di Payakumbuh sehingga kegiatan Niniak Mamak Bundo Kanduang Masuk Sekolah ini dapat direalisasikan dan dipahami oleh peserta didik,” katana.

Acara Niniak Mamak Bundo Kanduang Masuk Sekolah diresmikan langsung oleh PJ Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten II Setdako Payakumbuh, Elzadaswarman yang mengatakan kegiatan ini adalah dua kolaborasi yang bagus dari Disparpora dengan Disdik Payakumbuh, dua buah karakteristik yang bisa meningkatkan kreativitas anak bangsa dengan adanya kegiatan ini upayakan budaya minang  ada dalam hati dan sanubari anak-anak kita nantinya.

“Ini tugas dan tanggung jawab kita semuanya, memasukkan Ninik Mamak dan Bundo Kanduang ke nilai-nilai sekolah. Mari kita berikan perhatian kepada kolaborasi kegiatan Niniak Mamak Bundo Kanduang Masuk Sekolah ini,” ujarnya.

Inilah Pengajar di Kegiatan Niniak Mamak Bundo Kanduang Masuk Sekolah

Menurutnya, dalam Kegiatan Ninik Mamak Bundo Kanduang masuk sekolah ini akan ada  tiga orang Ninik Mamak dan dua orang Bundo Kanduang yang akan mengajar seperti Yulfian Azrial mengampu materi Pengenalan Dasar-Dasar Adat Minangkabau, Mj. Dt Marajoindo Nan Mamangun dan M.A Dt Bijo Nan Hitam mengampu materi Ukuo Jangko Nan Salapan, H.J Refni Elita Damir dan Afrina Hanoum mengampu materi Sumbang Duo Baleh.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Senada dengan hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dr. Dasril mengatakan sudah Sembilan tahun hilangnya mata pelajaran Budaya Alam Minangkabau di sekolah, kondisi generasi minang dengan tidak adanya pelajaran itu seperti lost generasi.

“Jangankan sumbang duo baleh, kato nan ampek mungkin sudah tidak tahu, itulah kondisi generasi minang sekarang,” ujarnya saat memberikan sambutan pada peresmian Niniak Mamak Bundo Kanduang Masuk Sekolah

Dr Dasril berharap dengan adanya kegiatan Niniak Mamak Bundo Kanduang Masuk Sekolah ini melalui Disparpora generasi selanjutnya bisa kembali mempelajari adat dan budaya Minangkabau.

“Terus ini akan kita lanjutkan dan kembangkan di tahun depan sampai menjangkau SD, betul-betul sampai mencerahkan upaya pelestarian budaya minang ke generasi melalui sekolah,” katanya.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi