160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Hari Disabilitas Internasional 2022, Inilah Sejarahnya

Hari Disabilitas Internasional
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap 3 Desember, di mana seluruh masyarakat dunia merayakan hari tersebut.

Tema Hari Disabilitas tiap tahunnya berbeda-beda, dilansir dari situs resmi PBB untuk 3 Desember 2022 mengusung tema “Transformative solutions for inclusive development: the role of innovation in fuelling an accessible and equitable world” yang berarti solusi transformatif untuk pembangunan inklusif: peran inovasi dalam mendorong dunia yang dapat diakses dan adil.

Tema Hari Disabilitas kali ini lebih terfokus kepada penegakan Hak Azazi Manusia (HAM), pembangunan berkelanjutan, perdamaian dan keamanan untuk penyandang disabilitas serta hak dan keadilan bagi penyandang disabilitas di seluruh dunia.

Bersumber dari data Badan Pusat Statistik (BPS) 2020 di Indonesia penyandang disabilitas mencapai 22 juta jiwa.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Peringatan Hari Disabilitas Internasional seperti yang dilansir dari rri.co.id bermula dari sejarah kelam para penyandang disabilitas yang tidak memperoleh pengakuan secara nasional dan internasioanl.

Pada 1970, Inggris mengesahkan Undang-undang Orang Sakit Kronis dan Penyandang Disabilitas. Undang-Undang ini memuat pengakuan untuk hak-hak para penyandang disabilitas, dimana mulai dari penyediaan bantuan kesejahteraan, perumahan, dan hak yang sama atas fasilitas rekresasi dan pendidikan.

Sehingga pada 1983-1992, The United Nations Decade of Disabled Person digelar agar pemerintah dan organisasi global dapat mengambil langkah, terutama dalam meningkatkan aspek-aspek kehidupan difabel di seluruh dunia.

Pada 14 Oktober 1992, Hari Disabilitas Internasional atau International Day of Disabled Persons ditetapkan oleh Majelis Umum PBB 47/3 dengan tujuan untuk memobilisasi dukungan terhadap isu-isu kritis yang berkaitan dengan para penyandang disabilitas dan meningkatkan kesadaran tentang isu disabilitas.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Tepat pada 18 Desember 2007, Majelis Umum PBB mengubah nama International Day of Disabled Persons menjadi International Day of Person with Disabilites. Sejak 2008 nama baru ini sudah mulai digunakan hingga saat ini.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi