160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Jelang Pemilu 2024, Ratusan WBP Lapas Kelas IIB Tanjung Pati Terdaftar Jadi DPT

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung di 14 Februari 2024 mendatang, ada 136 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjung Pati ex Lapas Kelas IIB Payakumbuh yang sudah masuk daftar pemilih.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Tanjung Pati, Azhar mengatakan daftar pemilih yang sudah diberikan pemberitahuan model A Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sebanyak 136 orang dan masih ada tambahan surat pemberitahuan DPTb dari KPU Payakumbuh yang akan diserahkan di atas tanggal 7 Februari.

“Ya, ketentuan dari KPU, terdapat 1 TPS di Lapas yaitu TPS 901, adalah TPS khusus, dikarenakan peserta yang memilih semua penghuninya Lapas, ditambah beberapa petugas yang sedang tugas jaga dengan membawa surat pindah memilih,” kata Kalapas Azhar saat dihubungi sudutpayakumbuh.com pada Selasa, 6 Februari 2024.

Tak hanya itu, nantinya Kalapas juga akan membentuk tim pengamanan tambahan, dengan memerintahkan pegawai staf kantor untuk membantu memperlancar proses penyelenggaraan Pemilu sampai selesai.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

“Mulai dari memperketat lalu lintas keluar-masuk orang, meneliti identitasnya, kemudian di foto/dokumenkan, untuk memastikan agar tidak ada warga binaan yang bisa menyelinap keluar dari lapas,” ujarnya.

Ia juga menambahkan akan memastikan segala sesuatunya telah terkondisikan dengan baik, dan siap digunakan seperti genset, persediaan makanan, obat-obatan di klinik, mushola, ketersediaan air bersih dan fasilitas vital lainnya.

“Nantinya kami dari Lapas tetap berkoordinasi dengan aparat keamanan lainnya seperti TNI-Polri, Damkar, dan lainnya,” katanya.

Sementara itu, Kalapas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Payakumbuh ex LPKA Kelas II Tanjung Pati, Sahduriman mengatakan terkait jumlah warga binaan anak yang memilih masih berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Lima Puluh Kota karena ada penambahan tahanan yang dititipkan di LPKA.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

“Di LPKA ini hanya memiliki satu TPS khusus dengan nomor 901, nanti sistemnya petugas-petugas yang lagi jaga di lapas akan mengantarkan anak ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menyerahkannya ke Linmas,” katanya saat dihubungi pada Selasa, 6 Februari 2024.

Sebelumnya LPKA Kelas II Payakumbuh sudah mengikuti sosialisasi pemilih dan bimbingan teknis kelompok penyelenggaraan pemungutan suara di TPS lokasi khusus untuk pemilu 2024 pada Rabu, 31 Januari 2024 lalu.

Dalam kesempatan itu, tim KPU Kabupaten Lima Puluh Kota memberikan pengetahuan terhadap anak binaan dan warga binaan perempuan terkait tahapan pemilu 2024 yang sedang berjalan. Seperti pentingnya menggunakan hak pilih, contoh surat suara paslon presiden dan wakil presiden, dan tata cara mencoblos.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi