160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Perayaan Tahun Baru Imlek 575 Ditiadakan, Warga Tionghoa Tetap Lakukan Tradisi Sembahyang Bersama

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili jatuh pada Sabtu 10 Februari 2024. Seluruh masyarakat Tionghoa di Indonesia menyambut merayakan imlek dengan perubahan dari shio Tahun Kelinci ke Tahun Naga Kayu di 2024, Tahun Naga Kayu berarti melambangkan sebuah keberuntungan, kekuatan, kesehatan, dan elemen laki-laki ‘yang’.

Berbeda dari kota-kota lain, Perayaan Tahun Baru Imlek di Kota Payakumbuh tahun ini cukup sepi.

Sekretaris Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Cabang Kota Payakumbuh, Widianto mengatakan untuk tahun ini tidak adanya perayaan acara tahun baru imlek 2575 Kongzili, hal ini dikarenakan berdekatan dengan akan berlangsungnya penyelenggaraan proses pemilu.

“Tahun ini tidak ada acara, berhubung dekat dengan hajatan Pilpres,” kata Widianto saat dihubungi sudutpayakumbuh.com pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Berdasarkan pantuan sudutpayakumbuh.com di sepanjang jalan pecinan kampung cina Payakumbuh, warga Tionghoa melakukan aktivitas seperti hari-hari biasanya yaitu berdagang.

Tidak ada terlihat lampion berwarna merah, pernak-pernik dan dekorasi imlek hadir terpajang di luar toko dan rumah. Lampion yang menjadi dekorasi perayaan imlek ini Nampak terpajang di Gedung HBT Payakumbuh.

Sementara itu, di tahun 2023 untuk memeriahkan perayaan imlek 2574 warga Tionghoa Payakumbuh menyelenggarakan jamuan makan malam HBT Payakumbuh dan malam kim. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjalin keakraban serta kerukunan bersama di dalam suasana tahun baru imlek.

Kemudian juga mengadakan Sembahyang ThieKong yang bermakna sebagai perwujudan ras asyukur atas berkat berlimpang sepanjang tahun dan tahun akan datang. Tak hanya itu, artinya juga sebagai perwujudan budaya dan tradisi yang sudah berjalan dan akan diteruskan dari generasi ke generasi.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

“Nanti itu, kita hanya menjalankan acara tradisi saja seperti sembahyang bersama. Semoga di tahun baru imlek 2575 Kongzili ini kita damai selalu,” ujarnya.

Untuk diketahui, dilansir dari bbc.com Tahun baru imlek diperkirakan sudah ada sejak abad ke-14 SM, ketika masa pemerintahan Dinasti Shang, dan asal-usulnya kaya akan legenda. Tahun baru imlek adalah istilah yang lebih umum digunakan untuk mencakup semua perayaan yang menandai tahun baru menurut kalender berdasarkan peredaran Bulan (lunar calendar).

Di negara-negara lain, istilah Tahun baru imlek lebih sering digunakan daripada Tahun Baru China atau Festival Musim Semi.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi