160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Kemenag Kota Payakumbuh Lakukan Sosialisasi Layanan Kemasjidan Bagi Pengurus Masjid

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Payakumbuh melalui Seksi Bimas Islam melakukan kegiatan Sosialisasi Layanan Kemasjidan yang diperuntukkan bagi pengurus Masjid, Imam Masjid serta Operator Pustaka Masjid se-Kota Payakumbuh di Aula Kankemenag Payakumbuh pada Kamis 27 Juni 2024.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh H. Joben dan dihadiri Plt. Kasubbag TU Endra Rinaldi, Kasi Bimas Islam H. Hamdan dan Kepala KUA se Kota Payakumbuh

Kakankemenag Payakumbuh H. Joben menyebutkan  dahulu Masjid atau Surau merupakan tempat pengkaderan bagi pemuda-pemuda yang ada di Minangkabau dan juga tempat pembinaan.

“Berapa banyak pemimpin dan tokoh bangsa yang berasal dari Minangkabau, sebelum pergi merantau mereka banyak menimba ilmu di masjid atau surau dikampung halamannya,” ujarnya.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Ia juga mengatakan untuk saat ini sangat memerlukan memberdayakan semua yang berhubungan dengan pelayanan kemasjidan sebagai pusat pembinaan dan pengkaderan umat serta mengoptimalkan fungsi Masjid atau rumah ibadah untuk kemaslahatan umat.

“Saat ini itu yang diperlukan bagaimana kita semuanya yang berhubungan dengan pelayanan masjid atau surau bisa memberdayakan hal itu sehingga masjid atau surau yang kita lihat sekarang jadi pusat pembinaan dan pengkaderan serta optimalkan fungsi masjid,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan jika ada beberapa visi dan misi terkait dalam pengelolaan masjid seperti bagaimana orang bisa beriman kepada Allah SWT, meyakini akan adanya hari kiamat, membuat masyarakat mendirikan shalat.

“Kemudian menunaikan zakat dan bertaqwa kepada Allah SWT,”

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Untuk diketahui layanan kemasjidan meliputi beberapa unsur diantaranya Imam dan Khatib, perpustakaan masjid, masjid ramah serta kalibrasi arah kiblat

 

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi