Sudut Payakumbuh – Pemko Payakumbuh gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo terhadap Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) pada Jumat 17 Juni 2022.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan, program P3DN ini merupakan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor.

“Makanya saat ini kita tekankan kepada seluruh perangkat daerah agar menyegerakan penggunaan produk dalam negeri termasuk pemberdayaan produk UMKM kita di Payakumbuh,” kata Wako Riza Falepi.

Ia menjelaskan bahwa kalau ada dari OPD yang tidak paham terkait pengadaan dan penggunaan produk dalam negeri ini bisa langsung berkoordinasi dengan PBJ-Dalbang agar produk-produk lokal bisa segera diinputkan kedalam katalog lokal.

“Ya, kalau ada yang tidak pahamkan bisa bertanya dan nanti akan diajarkan supaya tidak terjadi kesalahan karena sampai saat ini penggunan produk dalam negeri kita itu baru sekitar 48 persen,” ujarnya.

Wali Kota dua periode ini berharap ke depan proses belanja langsung untuk kebutuhan rutin sudah menggunakan katalog lokal tersebut sehingga apa yang diperintahkan Presiden Joko Widodo terkait P3DN ini bisa tersealisasi dengan baik di Payakumbuh.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda juga mengimbau agar seluruh OPD bisa secepatnya menindaklanjuti arahan dari Presiden Jokowi terkait pengunaan produk dalam negeri tersebut. 

“Kami harap kita semua paham dengan langkah-langkah program P3DN ini dan jangan malu untuk bertanya kalau ada keraguan,” katanya.

admin
Media Informasi Kota Payakumbuh, Sumatra Barat "Creative Independent Social Media"

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published.