160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Perspektif Kekuatan Mental On Marissa’s Mind, Psikolog Amy Morin: Ada 5 Komponen Penting Mental yang Kuat

Marissa Anita On Marissa’s Mind
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

SudutPayakumbuh – Siapa sih yang tidak mengenal Greatmind? berdasarkan penjelasan di websitenya Greatmind merupakan media yang terbangun dari jejaring individu-individu berpengaruh, selebritas, key opinion leader, subject matter expert, maupun para kreator kreatif yang mengontribusikan ide dan pemikiran serta karya dalam platform media massa, website Greatmind, maupun turunannya di media sosial, secara digital atau cetak yang terafiliasi dengan Greatmind.

Kali ini On Marissa’s Mind : Kuat Mental yang ditayangkan di youtube channel Greatmind pada 13 Agustus 2022 yang lalu memunculkan sudut pandang seorang Marissa Anita yang merupakan presenter, jurnalis, serta aktris. Menurut Marissa seseorang yang kuat mental umumnya lebih siap menghadapi tantangan dalam hidup, lebih bisa bertahan dalam tekanan, dan mampu menangani masalah secara efektif dan efisien. Semua ini mengurangi tingkat stress secara  keseluruhan.

Dalam video yang berdurasi enam menit itu Marissa menjelaskan apa itu kekuatan mental menurut Psikolog Amy Morin, bahwa ketika seseorang mempunyai kekuatan mental ketika dirinya tahu bagaimana mengatur emosi, mengelola pikiran, dan mengambil langkah positif dan produktif terlepas dari keadaannya.

Lebih lanjut ada lima komponen penting mental yang kuat menurut Morin, di antaranya:
  1. Rasa percaya diri, bahwa anda akan baik-baik saja meski anda mengalami kegagalan.
  2. Ketangguhan, inilah yang bisa membuat anda kembali semangat ketika menghadapi tantangan atau kesulitan apakah itu di dunia kerja atau ranah pribadi.
  3. Ketekunan, kemauaan untuk terus maju meski sesuatu terasa sulit dilakukan atau dijanlankan.
  4. Kesadaran diri, penting bagi kita untuk mengenali diri, kekuatan  kita,  kelemahan pikiran, keyakinan, kebiasaan kita dan bagaimana semua ini berdampak pada kualitas hidup kita.
  5. Disiplin diri, seberapa tahan kita terhadap godaan serta seberapa mampu kita menunda  sebuah kepuasaan.

Menurut Marissa jangan keliru jika seseorang mempunyai mental kuat bukan berarti saat itu menekan perasaan habis-habisan demi terlihat kuat dari luar.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

“Kita punya mental kuat ketika kita mampu menyadari emosi kita sehingga bisa mengatasi perasaan yang tidak nyaman dengan cara yang tidak merugikan diri sendiri. Contohnya Ia yang bermental kuat bukan ia yang mengatakan gagal  bukan pilihan melainkan ia yang berpikir gagal itu bisa terjadi,  tapi saya cukup kuat menghadapinya ketika itu terjadi,” katanya.

Menjabarkan lebih dalam, Marissa menyebutkan  bagaimana caranya mengembangkan kekuatan mental seperti otot fisik atau mental yang membutuhkan latihan dengan cara mengubah cara berpikir, mengadopsi kebiasaan yang membangun, dan menghadirkan lingkungan atau situasi yang akan membantu memperkuat  mental seseorang.

Psikolog Amy Morin
Psikolog Amy Morin tentang Kekuatan Mental

Senada dengan itu Morin juga menyarankan untuk membingkai ulang pikiran negatif menjadi pikiran realistis dan rasional.

“Misalnya yang tadinya berpikir pasti akan gagal, udah pastilah gagal, ubahlah dengan kalau aku berusaha keras dan tekun aku akan meningkatkan peluangku untuk mencapai target atau tujuan. Ya pun ketika ia gagal orang bermental kuat tidak akan buang waktu menggerutu atau menyalahkan orang atau kondisi sekitar, ya namanya manusia ia akan merasa sedih atau kecewa, tidak apa-apa rasakan saja tapi setelahnya ia akan mencari penjelasan yang bisa membantunya berkembang agar bisa tampil lebih baik di kesempatan berikutya,” kata Marissa

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Terakhir Marissa menyebutkan beberapa hal yang bisa membangun mental kuatnya seseorang, di antaranya:
  1. Sayangi diri dengan memberikan asupan kaya nutrisi pada tubuh.
  2. Tidur tujuh hingga delapan jam sehari secara rutin.
  3. Ciptakan kondisi lingkungan sekitar yang mendunkung,
  4. Kelilingin diri dengan orang yang kehadirannya membuat anda jauh lebih baik,

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi