160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

PMI Payakumbuh Segera Dikukuhkan, Aksi Donor Darah Massal Bakal Digelar

PMI Kota Payakumbuh bakal gelar donor darah
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Dalam rangka pelantikan pengukuhan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Payakumbuh masa bakti 2023-2028 serta peringatakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, PMI Kota Payakumbuh mengadakan kegiatan donor darah massal pada Senin 14 Agustus 2023 di Aula Ngalau Indah Balai Kota.

Kegiatan tersebut nantinya dimulai pada pukul 08.00 WIB-15.00 WIB dengan syarat dan ketentuan usia minimal 17 tahun, berat badan proporsional minimal 45 kilogram, sehat jasmani dan rohani, tidak sedang mengkonsumsi obat-obatan, tidak sedang hamil, menyusui, dan menstruasi.

Sebelumnya pengurus PMI Payakumbuh sudah melakukan audiensi bersama Penjabat Wali Kota (PJ) Payakumbuh Rida Ananda di ruang kerjanya pada Selasa 8 Agustus 2023.

Pertemuan itu membahas program dan acara pengukuhan pengurus PMI Kota Payakumbuh. bersamaan dengan ikegiatan donor darah masal yang terbuka untuk umum.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Dalam pertemuan tersebut, Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan keberadaan PMI sangat berperan besar dalam membantu tugas-tugas kemanusiaan seperti aktivitas rumah sakit dalam hal kebutuhan darah.

“Pemerintah daerah sangat mengapresiasi adanya PMI Payakumbuh yang telah banyak membantu dalam bidang kemanusiaan, terutama dalam kesiapsiagaan stok darah, tentu pemerintah daerah sangat terbantu dengan adanya PMI ini,” kataRida.

Menurutnya Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh akan selalu mendukung kegiatan dan terus menjalin sinergitas dengan PMI Kota Payakumbuh.

“PMI adalah amanah undang-undang yang harus dibackup. Apalagi ini demi kemaslahatan. Sinergi terus dilakukan, dan yang terpenting adalah komunikasi serta koordinasi harus tetap dibangun. PMI punya tugas pokok kemanusiaan dan jangan keluar dari koridor itu,” ujar Rida Ananda

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Ketua PMI Kota Payakumbuh Muhammad Fadlan menjelaskan bahwa Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan salah satu organisasi independen sebagaimana yang diamanahkan undang-undang No 1 tahun 2018 membantu pemerintah dengan menerapkan 7 Prinsip Dasar, yang diantaranya: Kemanusiaan (humanity), Kesamaan (Impartiality), Kenetralan (Neutrality), Kemandirian (Independence), Kesukarelaan (Voluntary Service), Kesatuan (Unity), Kesemestaan (Universality).

Tak hanya itu, Fadlan juga menyebutkan beberapa program dan jadwal pengukuhan pengurus periode 2023-2028 yang nantinya akan di fasilitasi langsung oleh Wali Kota Payakumbuh.

“PMI Payakumbuh sebelumnya telah menjalankan beberapa kegiatan rutin diantaranya kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana, pelayanan kesehatan, pertolongan pertama, dan donor darah, alhamdulillah semuanya berjalan lancar,” kata Fadlan

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi