160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Bawaslu Lima Puluh Kota Gelar Fasilitasi Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu 2024

Bawaslu Lima Puluh Kota gelar Fasilitasi Penyelenggaraan Pemilu 2024
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Bawaslu Lima Puluh Kota gelar kegiatan Fasilitasi Penyelenggara Pengawasan Pemilihan Umum 2024 pada Jumat 9 Desember 2022 di Resto Thifa Pulutan, Tanjung pati.

Kegiatan Bawaslu Lima Puluh Kota ini dihadiri oleh 13 orang Staf Penanganan dan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) dari 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan pemateri Dr Wirdaningsih, Muhammad Fauzan Azim.

Zumaira selaku Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) sekaligus anggota Bawaslu Lima Puluh Kota mengatakan tujuan diadakan kegiatan ini untuk lebih mempermudah para pengawas pemilu dalam proses bekerja di lapangan.

“Untuk pemilu 2024 perlu adanya transformasi ilmu pengetahuan atau ilmu kepemiluan yang dimiliki untuk jajaran kesektariatan Bawaslu Lima Puluh Kota dan rata rata jajaran kesektariatan Bawaslu itu adalah anak-anak millenial yang baru tamat kuliah kemudian ikut di dalam penyelenggaraan,” kata Zumaira.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Menurutnya, mereka bisa dikatakan nol pengetahuan terkait tentang pemilu sehingga perlu bagi anggota Bawaslu Lima Puluh Kotamemberikan pengetahuan pendidikan demokrasi atau pendidikan Pemilu kepada peserta yang hadir yakni jajaran pengawas pemilu.

“Supaya nanti dalam proses penyelenggaraan Pemilu yang sudah bisa dikatakan udah dipertengahan ini, tinggal satu tahun lagi ke depan dan akan berat, makanya kita tarik diawal ini kegiatan supaya nanti ketika sudah banyak tahapan kita sudah tinggal bekerja,” katanya saat ditemui sudutpayakumbuh.com

Ia menjelaskan bahwa dalam kegiatan tersebut Panwascam, kepolisian dan kader Sekolah Kader Pengaws Partisipatif (SKPP) juga turut hadir dalam Fasilitasi Penyelenggara Pengawasan Pemilihan Umum 2024.

Zumaira menambahkan bahwa kader SKPP adalah kader yang dibentuk oleh Bawaslu RI dan di Bawaslu Kabupaten lima Puluh Kota terdapat  lima orang kader, dimana salah satu dari utusan Bawaslu Lima Puluh Kota  itu sudah sampai ke SKPP di tingkat nasional.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

“Hari ini kita hadirkan lagi karna mereka sudah membentuk komunitas yang akan menyampaikan berbagai sosialisasi kepada masyarakat dan tentu juga butuh pemberian pemahaman terkait dengan info terupdate terkait dengan pemilu.Supaya berguna bagi mereka untuk mensosialisasikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Zumaira sebagai anggota Bawaslu Lima Puluh Kota juga menjelaskan nantinya setelah berakhirnya kegiatan ini akan ada kegiatan  berupa merangkum hasil pengawasan yang sudah dilaksanakan.

“Kita sudah melakukan pengawasan verifikasi faktual perbaikan anggota partai, kemudian hari ini kita akan mengambil laporan hasil pengawasan dan alat kerja yg sudah kita turunkan nanti setelah zuhur itu yang akan kita bahas,” katanya.

Sementara itu, Fauziah selaku staf Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Kecamatan Suliki mengatakan ini adalah acara perdana dari divisi P3S ini jadi materi-materi yang disajikan menarik serta memberikan gambaran mengenai tugas dari p3S ke depannya.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

“Kalau kemarin itu belum ada gambarannya, setelah dilakukannya acara fasilitasi ini sudah tergambarkan bahwa tugas kita ke depannya cukup berat,” ujarnya.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi