160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Hari Guru Nasional 2022: Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar

Hari Guru Nasional 2022
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November dan sekaligus peringatan hari lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Dalam laman resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Guru Nasional Tahun 2022 menyebutkan tema HGN 2022 adalah Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar.

“Saya berterima kasih kepada lebih dari 1,6 juta pengguna platform merdeka mengajar, yakni para guru yang mau mencoba hal-hal baru, yang tidak takut untuk berinovasi, yang sadar dan paham sudah tiba waktunya untuk bertransformasi.,” kata Menteri Pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim dalam teks pidato sambutannya jelang Hari Guru Nasional 2022 seperti dilansir dari kemdikbud.go.id pada Kamis, 24 November 2022.

Tak hanya itu dalam pidatonya Nadiem juga menyampaikan akan terus membuka kesempatan bagi guru untuk mengikutti Program Guru Penggerak yang berbeda dengan program pendidikan yang ada selama ini.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Menurutnya Program Guru Penggerak bertujuan untuk menghasilkan generasi baru kepemimpinan pendidikan Indonesia.

“Sekarang sudah ada 50.000 guru penggerak, saya sangat berharap agar seluruh kepala daerah dapat segera mengangkat para guru penggerak untuk bisa jadi kepala sekolah dan pengawas sekolah, para innovator dan di lingkungan sekitar,” ujarnya.

Senada dengan Program Guru Penggerak, Nadiem juga menjelaskan perihal program persiapan calon guru di masa depan.

Menurutnya melalui transformasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan yang kini berorientasi pada praktik pengalaman lapangan, mengedepankan metode inkuiri, dan membiasakan guru melakukan refleksi.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Inovasi lainnya adalah kini perkuliahan PPG jauh lebih terintegrasi dengan sekolah, kampus, dan masyarakat melalui system digital.

“Saya yakin ide-ide brilian perlu didukung dengan kesejahteraan para guru, untuk itu kami terus memprioritaskan pengangkatan guru honorer sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui seleksi ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK). Semua dari kita harus bergotong royong agar target kita, yaitu satu juta guru diangkat sebagai ASN PPPK dapat terwujud,” ujarnya.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi