160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Mengenal Stadion Al Bayt, Tuan Rumah Dalam Pembukaan Piala Dunia FIFA Qatar 2022

Stadion Al Bayt Qatar
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Stadion Al Bayt menjadi lokasi permnbukaan perhelatan Piala Dunia FIFA Qatar 2022 yang secara resmi dibuka pada 20 November 2022 dan akan berlangsung selama 28 hari ke depan hingga 18 Desember.

Ada 32 tim nasional dari berbagai Negara yang ikut memperebutkan kemenangan dalam ajang bergengsi yang diadakan FIFA sekali dalam empat tahun itu.

Stadion Al Bayt terpilih menjadi lokasi panggung pembukaan Piala Dunia FIFA Qatar 2022, stadion ini terletak di kota Al Khor, Qatar, sekira 35 kilometer di arah utara Doha, di dalamnya bisa menampung kapasitas 60 ribu penonton.

Stadion Al Bayt ini dirancang oleh perusahaan yang berbasis di Lebanon, perancang bangunan diserahkan kepada oleh Albert Speer & Partner GmbH dan Dar Al-Handasah yang desainnya rampung pada 20 Juni 2014.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Dilansir dari laman resmi Qatar 2022 “Al Bayt” terinspirasi dari  bayt al sha’ar  yang berarti orang-orang nomaden Qatar, pada sisi struktur tenda stadion yang megah menyelimuti sebuah stadion sepak bola ultra-modern.

Secara tradisional, tenda-tenda diidentifikasi dengan garis-garis hitam dan putih. Hal ini tercermin pada bagian luar arena yang khas, begitu pula pola sadu yang semarak menyambut para penggemar ketika akan  masuk.

Dalam pengembangan Stadion Al Bayt dan tingkat atas dirancang untuk dihapus setelah turnamen, sehingga memungkinkan penempatan kembali kursi.  Dalam praktik lingkungan yang meluas ke kota sekitar Al Khor di mana banyak taman, danau, dan lahan jalur hijau yang dilindungi membentang dari stadion ke laut  memastikan warisan abadi dari stadion paling ramah di dunia.

Mengutip dari laman liputan6.com Stadion Al Bayt ini dianugerahi peringkat bintang lima untuk desain dan konstruksinya dari Global Sustainability Assessment System (GSAS), bersama dengan peringkat Kelas A untuk proses konstruksi dan sertifikat Kepatuhan Rasio Efisiensi Energi Musiman.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Tak hanya itu Stadion Al Bayt pada tingkat skybox nantinya akan diubah menjadi hotel bintang lima, sementara pusat perbelanjaan, food court, gym, dan aula serbaguna akan dimasukkan ke dalam gedung stadion. Rumah sakit kedokteran olahraga terkemuka juga akan dibuka.

Dalam segi desain stadion yang bertengger di atas podium melingkar dengan concourse terbuka lebar yang mengakomodasi fitur desain lansekap, tempat parkir, dan fasilitas pendukung lainnya

Bagian podium  juga dikelilingi oleh jalan lingkar yang memisahkannya dari area terbuka hijau, termasuk ruang publik dan fitur air. Dalam hal ini, penempatan stadion dalam konteksnya menyerupai ‘oasis di padang pasir’.

Sedangkan untuk proporsi tenda dimungkinkan oleh perakitan kabel baja dan rangka yang didukung oleh dermaga beton.  Untuk atap yang dapat ditarik memungkinkan penyaringan yang lebih besar terhadap sinar matahari yang keras selama musim panas Qatar.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi