160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Borderline Personality Disorder, Yuk Kenali Gejalanya

Borderline Personality Disorder Ilustrasi
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Borderline Personality Disorder (BPD) merupakan suatu bentuk penyakit mental yang sangat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengatur emosinya atau lebih tepatnya susah mengelola dan mengendalikan suasana hati (mood).

Borderline Personality Disorder seperti dilansir dari situs resmi National Institute Of Mental Health (NIMH) Orang dengan BPD mungkin mengalami perubahan suasana hati yang intens dan merasakan ketidakpastian tentang bagaimana mereka melihat diri mereka sendiri.

Perasaan orang Borderline Personality Disorder terhadap orang lain dapat berubah dengan cepat, dan berubah dari kedekatan yang ekstrem menjadi ketidaksukaan yang ekstrem, dimana perasaan yang berubah ini dapat menyebabkan hubungan yang tidak stabil dan rasa sakit emosional.

Dalam laman resmi National Education Alliance for Borderline Personality Disosder menjelaskan gangguan penyakit ini terjadi dalam konteks hubungan: terkadang semua hubungan terpengaruh, terkadang hanya satu dan biasanya dimulai pada masa remaja atau dewasa awal.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Sementara beberapa orang dengan Borderline Personality Disorder berfungsi tinggi dalam pengaturan tertentu, kehidupan pribadi mereka mungkin kacau.

Kebanyakan orang yang memiliki Borderline Personality Disorder menderita masalah mengatur emosi dan pikiran mereka, perilaku impulsif dan terkadang sembrono, dan hubungan yang tidak stabil.

Gangguan lain, seperti depresi, gangguan kecemasan, gangguan makan, penyalahgunaan zat, dan gangguan kepribadian lainnya seringkali dapat terjadi bersamaan dengan Borderline Personality Disorder.

Diagnosis Borderline Personality Disorder sering terlewatkan dan kesalahan diagnosis  BPD telah terbukti menunda dan/atau mencegah pemulihan.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Gangguan bipolar adalah salah satu contoh kesalahan diagnosis karena juga termasuk ketidakstabilan suasana hati.

Ada perbedaan penting antara kondisi ini tetapi keduanya melibatkan suasana hati yang tidak stabil.

Untuk orang dengan gangguan bipolar, perubahan suasana hati ada selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Perubahan suasana hati pada BPD jauh lebih singkat dan bahkan dapat terjadi dalam sehari.

Situs National Institute Of Mental Health (NIMH) menyebutkana ada 10 gejala atau tanda seseorang menderita Borderline Personality Disorder (BPD):
  1. Upaya untuk menghindari pengabaian yang nyata atau yang dirasakan, seperti terjun lebih dulu ke dalam hubungan atau mengakhirinya dengan cepat.
  2. Pola hubungan yang intens dan tidak stabil dengan keluarga, teman, dan orang yang dicintai.
  3. Citra diri atau rasa diri yang terdistorsi dan tidak stabil.
  4. Perilaku impulsif dan sering berbahaya, seperti menghabiskan uang, seks tidak aman, penyalahgunaan zat, mengemudi sembrono, dan pesta makan. Harap diperhatikan: Jika perilaku ini sebagian besar terjadi pada saat suasana hati atau energi meningkat, itu mungkin merupakan gejala gangguan mood dan bukan gangguan kepribadian ambang.
  5. Perilaku melukai diri sendiri, seperti memotong.
  6. Pikiran berulang tentang perilaku atau ancaman bunuh diri.
  7. Suasana hati yang intens dan sangat bervariasi, dengan episode yang berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa hari.
  8. Perasaan hampa yang kronis.
  9. Kemarahan yang tidak pantas dan intens atau masalah mengendalikan kemarahan.
  10. Perasaan disosiasi, seperti merasa terputus dari diri sendiri, mengamati diri sendiri dari luar tubuh, atau perasaan tidak nyata.

Orang-orang yang mengalami Borderline Personality Disorder masih mungkin untuk ditolong dan mereka dapat melakukan perawatan yang berkaitan dengan pengelolaan gejala gangguan kepribadian serta hal ini mungkin tidak mudah bagi mereka di awal perawatan.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi