160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Peringati HUT RI Ke-78, Kota Payakumbuh Hadirkan Pawai Alegoris

Kadisdik Payakumbuh Dasril sebut bakal ada Pawai Alegoris di Payakumbuh
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia atau HUT RI ke-78 yang jatuh pada 17 Agustus nanti tinggal menghitung hari.

Dalam rangka memeriahkan hari jadi tersebut Kota Payakumbuh menghadirkan Pawai Alegoris dan Pawai Pembangunan yang akan berlangsung pada Sabtu Minggu 19 Agustus 2023 dengan tema Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dr Dasril mengatakan Pawai Alegoris dan Pawai Pembangunan di Payakumbuh sudah berjalan setiap tahun, dalam memperingati HUT RI ke-78 sedang dipersiapkan bentuk kepanitiaan pawai yang merupakan bagian dari kepanitiaan HUT Kota Payakumbuh.

“Panitia HUT RI sudah rapat pada Jumat 28 Juli lalu, kesepakatannya di situ kita melaksanakan pawai. Lalu dibentuk dan ditugaskanlah bidang pendidikan, Kacabdin wilayah IV, Kemenag, AKSI Payakumbuh untuk mematangkan persiapan teknis, kami sudah rapat pada Senin 31 Juli lalu, hasil rapatnya kami membentuk panitia pelaksana dan panitia lapangan  pawai,” kata Dr Dasril di Kantor Disdik Payakumbuh pada Jumat, 4 Agutus 2023.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Menurutnya dikarenakan akan diikuti sekitar 150-200 kontingen sekolah dan jika masuk nanti Ormas, BUMN, BUMD, Perbankan, OPD tertentu, berkisar di atas 200 orang pesertanya dan jika peserta sebanyak itu, biasanya kepanitiaan yang diperlukan minimal 200 orang juga.

Dasril juga menyebutkan rute Pawai Alegoris yang akan dilalui nantinya dari Kubu Gadang, Labuah Basilang, Jalan Ahmad Yani, terus Pasar Ibuh, Jembatan Ratapan Ibu, Jalan A Yani, Tugu Adipura belok ke kanan dan bubar di Kantor Pos.

“InsyaAllah rute Pawai Alegoris tahun ini masih seperti yang sebelumnya dan itu akan memakan waktu setidak-tidaknya itu dari jam 8 pagi sampai 4 sore. Ini hajatan yang penontonnya di atas 30.000. 143.000 penduduk Payakumbuh ini ya sekitar 30.000 biasanya tumpah ruah ke jalan,” ujarnya.

Sementara itu Dasril juga menyampaikan jika membutuhkan backapan keamanan dari Dishub, Satpol-PP dan Kepolisian sehingga Pawai Alegoris yang berlangsung dari pagi hari ini berjalan dengan tertib, aman dan tidak menimbulkan accident.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

“Kita ingin zero accident, supaya betul-betul masyarakat menikmati perayaan ulang tahun Negara kita dengan meriah kemudian segala bakat seni, teater, karnaval itu memunculkan wujud dari bagaimana masyarakat Payakumbuh ini merayakan HUT RI ke-78,” ujarnya.

Kadisdik Payakumbuh juga turut mengimbau serta mengundang seluas-luasnya masyarakat untuk ikut berpartisipasi, namun harus tunduk kepada aturan yang diterapkan oleh panitia. Menurutnya sekolah akan menampilkan drumband, pakaian sesuai babakan sejarah alegoris, karya kreasi dari sekolah.

“Yang dari luar yang sudah melapor kepada kita PKDP yang turun dengan Tabuik. Biasanya HTT turun dengan Barongsai, kemudian organisasi-organisasi silat, perkumpulan beladiri biasanya tampil itu. Yang belum melapor nanti akan kita konfirmasi kembali,” katanya.

Ia juga menegaskan untuk atraksi Pawai Alegoris yang ditampilkan pada perayaan HUT RI ini tidak dilombakan, nanti akan dilombakan drumbandnya di HUT Kota Payakumbuh 2023.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

“Tahun ini silahkan tampilkan yang terbaik, yang nilai masyarakat dan kalau dilombakan nanti  betul-betul kita buatkan pentas lombanya,” ujarnya.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi