160 x 600 Ad Space Available
160 x 600 Ad Space Available
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Payakumbuh Local Brand Festival Bakal Digelar Juni Ini dan Hadirkan Desainer Lokal Terbaik Payakumbuh

Wulan Denura dan Disparpora foto bersama jelang Payakumbuh Local Brand 2023
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Payakumbuh Local Brand, sebuah acara yang melibatkan seluruh insan Ekonomi Kreatif Kota Payakumbuh akan digelar pada 22-24 Juni 2023 di Gor M Yamin Kubu Gadang.

Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh Wulan Denura mengatakan iven ini merupakan bagian dari pokok pikiran (Porkir) DPRD yang merupakan aspirasi dari kawan-kawan desainer Kota Payakumbuh.

“Jadi kami dari DPRD sedikit mensupport dari dana Porkir DPRD dan luar biasanya kegiatan ini justru bisa lebih besar dari kita rencanakan awal, karena memang kawan-kawan ini memang kreatif semuanya dan kegiatan ini tujuan awalnya memfasilitasi desainer-desainer kita kota Payakumbuh. Agar nantinya lebih termotivasi untuk menghasilkan karya-karya  yang lebih kreatif inovatif dan menjadi icon Payakumbuh,” ujar Wulan saat dijumpai sudutpayakumbuh.com di Gor M Yamin pada Minggu 28 Mei 2023.

Tak hanya itu menurut Kepala Bidang Destinasi Disparpora Kota Payakumbuh Bobby Prakarsa Payakumbuh Local Brand bukan hanya kegiatan fashion, semua local brand yang ada di subsektor ekonomi kreatif akan ditampilkan dan juga digabungkan di hari terakhir dengan Malam Puncak Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Payakumbuh sebagai bentuk kolaborasi.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

“Ini turut didukung oleh Dekranasda Payakumbuh, OPD, Instansi terkait dan hari ini kita melakukan pengambilan fotoshoot untuk flayer dan teasernya Payakumbuh Local Brand,” katanya

Kemudian Desainer Feymil Chang menambahkan bahwa Payakumbuh Local Brand ini berangkat dari iven- iven yang sebelumnya, dan para pelaku pegiat Ekraf di Payakumbuh sudah melakukan beberapa promosi di bidang fashion khususnya mengikuti ajang show tingkat nasional dan local.

Menurutnya di iven kali ini ingin memberikan suatu suguhan yang menarik serta menampilkan bentuk show fashion yang berbeda untuk para pecinta fashion di  Sumatera Barat khususnya Kota Payakumbuh.

“Nanti itu di bagi dua, tanggal  22 slot 1 dan 23 slot 2, di tanggal 24 ada malam puncak pemilihan Uda Uni Payakumbuh. Jadi ini rundown acaranya biar rame Payakumbuh pas weekend nanti. Setidaknya dari acara ini bisa berkontribusi untuk pariwisata Payakumbuh,  habis itu penginapan-penginapan yang ada mudah mudahan full pas event hari itu,” ujarnya.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Senada dengan itu, Desainer Berry Mirsha juga menyebutkan rangkaian acara dari Payakumbuh Local Brand ini dimeriahkan dengan pameran UMKM yang berhubungan dengan fashion, fashion show dari para model serta lomba desain busana muslim.

Menurut Berry karena ini Payakumbuh Local Brand yang koleksinya ada kriya, tenun-tenun, dan kerajinan. Maka diperbolehkan masuk siapa saja yang ingin berkontribusi tapi itu harus brand local bukan brand internasional. seperti ada yang membuat produk baju, tas dan sepatu.

“Nanti itu ada 30 model se-Sumbar, karena tidak mencukupinya model kita di Payakumbuh jadi kita harus mendatangkan  model dari luar kota juga, seperti Bukittinggi, Padang Panjang, Padang, Solok.

Lebih lanjut Bobby menambahkan sebagai pemerintah untuk anggaran dalam pelaksanaan ekonomi kreatif ini lebih cukup mencukupi karena ini bentuk bagaimana pemerintah itu berpartisipasi mendukung agar terciptanya ekraf yang lebih baik.

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

“Sebenarnya anggarannya kurang dari porkir ini, cuma teman-teman komunitas mau berkorban gitu, mencari baik itu berupa sponsor atau anggaran mereka sendiri  untuk mencukupi kegiatan ini terlaksana dengan baik,” katanya.

Menurutnya pelaku ekraf  ingin membantu program pemerintah  dalam penciptaan lapangan pekerjaan kemudian menerapkan tenaga kerja serta meningkatkan perekonomian daerah. “Jadi seharusnya support pemerintah itu jauh lebih besar. Karena ini membantu juga  program pemerintah untuk meningkatkan perekonomian, “ ujarnya.

“Jadi kita sangat apresiasi kegiatan ini mudah-mudahan tahun mendatang ini lebih mendapatkan perhatian lagi, mungkin dengan APBD anggaran kota kita yang mana ini juga bisa memotivasi desainer-desainer kita, ada penjahit local kita, pelaku ekraf lainnya lebih berani percaya diri untuk tampil,” tambah Wulan.

 

Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like
Ad Space Available SUDUT PAYAKUMBUH
Halo #TemanSudut, Apakabar?

Info Payakumbuh dan Sekitarnya Terupdate hanya di Sudutpayakumbuh.com

SudutPayakumbuh.com Jangan Tampilkan Lagi